1

Kacamata hitam digunakan bukan hanya untuk bergaya. Sebab selain itu menggunakan kacamata hitam dapat melindungi mata dari paparan sinar UV yang berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Apalagi jika saat matahari bersinar dengan teriknya. Paparan sinar UV adalah penyebab utama terjadinya katarak yang tidak dipengaruhi oleh faktor usia. Dengan penggunaan kacamata hitam dapat mencegah munculnya katarak di usia yang masih sangat muda.

Jadi apabila Anda sedang berada di luar ruangan selalu kenakan kacamata yang bsia melindungi mata dari UV. Jangan memilih kacamata ‘cengdem’ alias goceng adem. Tidak hanya adem yang dibutuhkan tetapi perlindungan dari UV adalah yang paling penting supaya mata aman dari ancaman katarak.

Banyak sekali kegiatan yang dilakukan di luar ruangan yang membutuhkan perlindungan kacamata hitam karena teriknya sinar matahari. Misalnya saat Anda sedang berolahraga, mengendari sepeda motor, menyetir mobil, pergi ke pantai, bahkan memancing. Saat mata tidak pernah dilindungi dari sinar UV, dikhawatirkan akan muncul katarak lebih cepat. Biasanya katarak muncul saat usia sudah berada di atas 50 tahun, tetapi untuk orang yang selalu melakukan kegiatan di luar ruangan usia 40 tahun sudah bisa muncul katarak. Katarak adalah suatu kondisi di mata yang lensanya mengalami kekeruhan dan menyebabkan penglihatan menjadi berkabut alias kabur. Hingga sekarang, katarak adalah penyebab kebutaan paling tinggi di negara kita dan juga di dunia. Sebagai negara tropis yang dilintasi garis khatulistiwa, katarak merupakan ancaman yang sangat serius di Indonesia.

Penduduk Indonesia sendiri punya kecenderungan menderita katarak lebih cepat 15 tahun dibandingkan penduduk negara di daerah subtropis. Setiap tahunnya ada 1.000 penderita katarak baru dan sebanyak 16-22 persen penderita yang telah dioperasi usianya masih di bawah 55 tahun.

Itu sebabnya penting sekali bagi kita menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata kita dari kerusakan yang disebabkan oleh katarak. Apalagi penglihatan adalah satu di antara indera yang sangat penting dalam hidup kita. Tanpa mata dunia akan menjadi gelap gulita.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY