Bila Sering Marah-Marah Usia Hidup Bisa Jadi Lebih Singkat

Bila Sering Marah-Marah Usia Hidup Bisa Jadi Lebih Singkat

288
0
SHARE

1

Anda suka marah ketika terjebak di dalam kemacetan atau ada masalah di pekerjaan? Sebaiknya segera kurangi kebiasaan suka marah tersebut. Sebab menurut sebuah penelitian marah-marah akan membuat usia hidup seseorang menjadi lebih singkat. Ada sebuah penelitian yang dilakukan Iowa State University yang menunjukkan hasil 25% pria yang pemarah dapat meningkat risiko terserang penyakit lebih besar 1,57 kali lipat jika dibandingkan dengan pria yang tak mudah marah. Melibatkan 1.307 orang pria, penelitian ini melakukan pengamatan sejak tahun 1968 hingga tahun 2007.

Ternyata kemarahan bisa memberikan proses fisiologis tubuh menjadi lebih negatif. Satu di antaranya adalah aterosklerosis, yaitu tersumbatnya arteri oleh lemak atau plak. Penyumbatan di dalam pembuluh darah ini bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

Diungkapkan oleh seorang psikolog di Londong Graham Price, marah-marah dapat memberikan dampak yang negatif bagi tubuh manusia karena meningkatkan hormon stres atau hormon kortisol. Sebab kemarahan merupakan satu di antara bentuk stres. Stres ternyata meningkatkan kadar kortisol di dalam aliran darah manusia.

Apabila kemarahan terjadi terus-menerus, ini dapat menyebabkan peningkatan risiko stroke, serangan pada jantung, dan tentu saja masih banyak masalah kesehatan lainnya. Kemarahan dapat kita redam dengan menarik napas yang panjang. Lalu menghembuskannya kembali. Buatlah tubuh Anda menjadi lebih santai. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengelola emosi Anda. Misalnya dengan menyisikan waktu supaya Anda bisa menuliskan pikiran atau apa yang paling Anda inginkan dalam hidup ini. Dapat juga dengan menjalani hobi Anda seperti mendesain, menjahit, menggambar atau hobi kreatif lain.

Kegiatan yang kreatif adalah cara yang bisa meningkatkan ketenangan dan juga kesejahteraan. Selain itu olahraga yang dilakukan tiga kali dalam satu minggu, kurangi konsumsi gula dan juga minum minuman beralkohol, baik untuk sehatan. Olahraga penting sekali dilakukan agar tubuh menjadi lebih sehat dan pikiran akan menjadi lebih santai.

Bagaimana? Masih suka menyelesaikan kekesalan dengan marah-marah? Sebaiknya hentikan kebiasaan marah-marah Anda supaya umur Anda menjadi lebih panjang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY