1

Apa itu Skizofrenia? Skizofrenia merupakan sebuah gangguan mental yang dapat menyebabkan orang tersebut merasa tidak mampu untuk menilai realita mengenai fantasi yang sedang di alami maupun yang sedang terjadi di dalam dirinya sendiri.

Andaikan saja kita pikir-pikir, sudah ratusan bahkan ribuan jumlah pamphlet-pamflet mengenai larangan-larangan merokok yang tersebar di sekitar tempat tinggal kita. Mulai dari impotensi, serangan jantung, gangguan kehamilan dan janin, maupun penyakit kanker paru-paru yang di alami dan bisa berujung pada sebuah kematian bagi para perokok. Dari Himbauan tegas di atas merupakan sebagian contoh dampak dari rokok yang ditimbulkan akibat kebiasaan merokok.

Para peneliti juga telah mengatakan bahwa Penelitian terbaru yang telah dilakukan oleh para ilmuwan-ilmuan dari King’s College London, ternya kebiasaan kita merokok ternyata juga memiliki efek yang erat dengan gejala skizofrenia, yang dimana orang yang mengidap penyakit ini berisiko mengalami halusinasi yang tidak wajar.Kenapa begitu ?

Menurut suatu studi yang di muat dalam sebuah jurnal Lancet Psychiatry, efek buruk bagi penderita tersebut terjadi karena zat nikotin yang dapat memengaruhi otak bagi para perokok. Penelitian yang telah di lakukan ini sudah dilakukan dengan mengkaji 61 studi penelitian secara terpisah dan acak, yang telah dilaksanakan dalam penelitian sebelumnya. Alhasil sangat jelas, bahwa tembakau yang merupakan bahan utama dalam pembuatan sebuah rokok bisa menjadi penyebab psikosis. Psikosis merupakan sebuah gangguan mental yang dapat menyebabkan ketidakmampuan seseorang dalam menilai yang mana realita denganyang mana fantasi yang sedang terjadi pada dirinya.

Tapi diingatlah , merokok tidak secara langsung dapat menyebabkan efek skizofrenia. Akan tetapi dengan kita merokok maka risiko terkena skizofrenia semakin besar untuk dihidap. Karena zat nikotin yang dihasilkan dari asap pembakaran tembakau mampu menghasilkan dopamine pada syaraf otak kita yang merupakan penyebab terserangnya psikosis. Bahkan lebih dari 14.555 data responden yang di survei, menyebutkan lebih dari 57% orang yang rokok mengalami psikosis. Yang lebih parah lagi, gangguan halusinasi ini akan terjadi sejak pertama kali batang rokok yang dihisap oleh pelakunya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY