Ini Alasan Kenapa Ketika Mengkonusmsi Obat Tidak Boleh Minum Susu

Ini Alasan Kenapa Ketika Mengkonusmsi Obat Tidak Boleh Minum Susu

264
0
SHARE

1

Hal ini di karenakan , kalsium yang terdapat pada susu justru akan mengikat antibiotik yang berakibat pada obat men jadi tidak dapat terserap oleh tubuh.

Ketika sakit, kamu mesti dan harus minum obat agar cepat sembuh dan dapat kembali beraktivitas seperti hari-hari biasanya. Cara yang terbaik meminumnya adalah menggunakan minum air putih. Jangan pernah gunakan air kopi, air teh, air jus, maupun air susu walaupun rasanya lebih enak dan segar.

Pada prinsipnya, obat oral ialah cara yang paling efektif untuk kita konsumsi karena obat jenis in lebih mudah terserap oleh tubuh. Obat yang diminum ini lalu akan cepat diproses dalam saluran pencernaan untuk kemudian segera “dikirim” ke daerah yang terkena rasa sakit.

Ada banyak macam faktor yang mempengaruhi kemampuan tubuh seseorang dalam upaya menyerap obat, salah satunya ialah keasaman relatif dalam perut , nutrisi, maupun beberapa unsur lainnya seperti kalsium.

Lalu mengapa tidak boleh minum obat dengan susu? Dikutip dari sebuah laman yaitu Everydayhealth.com, Pada hari Senin (27/4), tidak di perbolehkan minum obat pakai susu di karenakan pada beberapa obat- obatan terdapat sebuah kandungan tetrasiklik yang mudah dan akan bereaksi dengan susu itu sendiri. Bukannya malah bermanfaat baik, akan tetapi kalsium justru akan mengikat antibiotic tersebut sehingga obat itu menjadi tidak di serap oleh tubuh.

Air Kopi, air teh, atau air jus juga mengandung senyawa lainnya seperti cafein pada air kopi yang akan bereaktif terhadap obat yang kita pinum, sehingga penyerapannya menjadi terhambat bahkan tidak sama sekali di serap. Maka dari itu minumlah air putih sangat amat disarankan pada saat mengkonsumsi obat karena tidak memiliki kandungan-kandungan apapun dan juga dapat melarutkannya pada saat berada di dalam lambung sehingga memudahkannya untuk di serap menjadi lebih baik.

Waktu kamu mengkonsumsi obat pun harus juga diperhatikan, yaitu pada saat sebelum atau setelah makan. Jangan sampai kalian salah waktu, karena makanan yang kalian konsumsi juga dapat mempengaruhi proses penyerapan obat tersebut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY