1

Semua dan setiap orang tentulah sangat pernah berbual atau berbohong, sekecil biji sawi pun. Terkadang kita atau seseorang melakukan berbohong hanya untuklah melakukan kebaikan terhadap orang lain. Namun apapun kategori dan bentuk kebohongannya, ternyata efek berbohong untuk pengaruh terhadap kesehatan tetaplah sama.

Sebuah penelitian yang telah di lakukan mengungkap bahwasannya dalam satu minggu atau selama kurun waktu tujuh hari rata-rata seseorang bisa berbohong dan mengucapkan 11 kali kata yang tidak sesuai dengan fakta atau kenyataannya.
Berbohong memang dapat membuat kalian terhindar dari amarah atau kemarahan orang lain, namun patut kalian waspada juga efek dan dampak dari bicara bohong bagi kesehatan. Di kutip dari healthmeup.com, berikut ini adalah efek atau dampak berbohong bagi kesehatan :

1. Sakit di sekitar punggung

2. Sakit kepala atau juga migrain

3. Depresi yang berkepanjangan

4. Pilek dan juga batuk

5. Dapat menurunkan tingkat dan sistem kekebalan terhadap tubuh

6. Menyebabkan kecanduan berbohong dan tak sehat

7. Meningkatkan risiko terhadap penyakit kanker

8. Meningkatkan terjadi nya risiko obesitas.

Selain dampak – dampak itu, tubuh sebenarnya secara alamiah telah memiliki sebuah alarm yang dapat mendeteksi apakah kalian sedang berbohong atau tidak berbohong. Dalam bentuk apakah alarm tersebut? Alarm tersebut berbentuk tekanan yang akan muncul secara perlahan-lahan tapi pasti dan dapat membuat kalian menjadi stres. Kemudian setelah itu akan muncul pula keringat-keringat dingin. Stres yang terjadi ini secara tidak langsung bisa mempengaruhi kekebalan tubuh dan juga kesehatan tubuh kalian.

Apabila di bandingkan dengan melakukan hal yang tidak sepantasnya untuk di lakukan atau berbohong, menyatakan kebenaran atau hal yang sebenarnya merupakan hal yang lebih dan juga sangat mudah. Kalian tidak lah perlu mengingat-ngingat kebohongan yang telah kalian lakukan. Bukan hanya itu, tubuh kalian akan berterima kasih dan bangga karena kalian menyatakan yang sebenarnya atau kebenaran tidak akan memicu terjadinya stres dan juga berpengaruh sangat buruk bagi kesehatan tubuh kalian.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY