ASI Tidak Berpengaruh Terhadap IQ Sang Buah Hati

ASI Tidak Berpengaruh Terhadap IQ Sang Buah Hati

241
0
SHARE

1

Banyak sekali orang yang telah menyatakan bahwasannya memberi ASI (air susu ibu) pada sang bayi dapatlah membuatnya menjadi lebih pintar dan cerdas dan juga di iming – iming memiliki IQ yang di atas rata-rata atau tinggi. Tetapi nyatanya penelitian yang sangat terupdate dan terbaru ini telah membantah pendapat dan pandangan tersebut.

Di kutip dari New York Times, ASI atau air susu ibu memanglah dapat membawa manfaat yang baik bagi kesehatan tetapi tidak dapat menimbulkan pengaruh yang besar terhadap perkembangan IQ seorang anak. Penelitian yang telah di lakukan di Inggris ini yang di lakukan pada sekitar 11.000 anak yang lahir di antara tahun 1994 sampai 1996. Dua per tiga dari anak yang menerima ASI selama kurun waktu kurang lebih empat bulan. Para anak-anak tersebut yang sudah berusia belasan tahun telah diberikan sembilan macam tes kecerdasan.

Dari penelitian yang telah di lakukan tersebut diketahui bahwasannya tidak ada perbedaan yang sangat signifikan antara anak yang diberi ASI atau air susu ibu dan yang tidak di beri. Memanglah terdapat hanya sedikit perbedaan yang tidak terlalu signifikan pada anak yang berjenis kelamin perempuan yang diberi ASI dan yang tidak. Tetapi pada anak- anak laki-laki, sama sekali tidaklah muncul adanya perbedaan yang sangat signifikan ini. Perbedaan baru terlihat jika latar belakang social dan ekonomi orang tuanya dan juga cara pengasuhan yang dibedakan.

Hasil penelitian tersebut telah meruntuhkan dan juga mematahkan mitos pada sebagian masyarakat bahwasanya anak yang minum dan di beri ASI cenderung lebih cerdas dan pintar dibanding anak-anak yang tidak di beri ASI. Perbedaan kecerdasan dan kepintaran pada anak baru dapat di lihat dan kita bedakan jika kita telah mempertimbangkan pola asuh pada anak dan juga kondisi social dan ekonomi pada lingkungan si anak.

Jadi telah dapat di simpulkan bahwa mitos bahwa ASI sangat berpengaruh bagi kecerdasan seorang anak itu salah karena yang dapat menjadi pengaruh terhadap sikap dan juga kecerdasan seorang anak adalah bagaimana pola dan cara pengasuhan terhadap anak tersebut maupun tingkat social dan juga ekonomi orang tua nya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY