1

Kelahiran seorang bayi merupakan sebuah hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh dan bahkan semua orang tua di dunia ini. Akan tetapi, sebuah studi penelitian terbaru telah menyatakan bahwasannya akhir pekan bukanlah hari yang dapat dikatakan tepat untuk bagi kelahiran seorang bayi. Mengapa? karena bisa meningkatkan terhadap risiko kematian pada tujuh hari kelahiran pertama.

Dirangkum oleh Medical Daily, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh Imperial College London menyatakan bahwasannya risiko terhadap kematian bayi yang lahir pada akhir pekan ternyata lebih tinggi sebesar tujuh kali lipat apabila dibanding dengan bayi yang lahir pada hari-hari lain. Tingginya mengenai angka kematian hal ini adalah sebuah peringatan bagi para orang tua untuk dapat menentukan mengenai hari kelahiran anak kandung mereka.

Penelitian ini dilakukan melalui dengan cara menganalisis data dan juga detail mengenai angka kelahiran dari bayi-bayi di beberapa rumah sakit umum di Negara inggris pada tanggal 1 april 2010 hingga tanggal 31 maret 2012. Peneliti ini hanya berfokus pada berbagai macam masalah seperti hal nya masalah infeksi, masalah cedera, dan juga masalah kematian yang akan dialami bayi pada kurun waktu tujuh hari pertama setelah ia dilahirkan.

Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwasannya angka kematian yang terjadi pada bayi yang lahir pada waktu di akhir pekan ialah 7,3 dari seribu angka kelahiran. Sedangkan mengenai angka kematian yang terjadi pada bayi yang lahir pada hari kerja hanya sebesar 0,9 dari 1000 angka kelahiran. Telah diperkirakan bahwasannya terdapat 770 angka kematian yang terjadi pada bayi yang baru- baru lahir dan juga 470 infeksi yang terjadi pada saat seorang bayi yang lahir pada saat akhir pekan.

Berdasarkan data yang telah dirilis oleh badan WHO pada tahun 2009 yang lalu menyatakan pada setiap setahun sekali terdapat sekitaran 2,8 juta bayi yang dinyatakan meninggal pada kurun waktu tujuh hari pertama setelah ia dilahirkan. Penelitian seperti ini juga telah pernah dilakukan oleh seorang peneliti yang bernama Johns Hopkins pada tahun 2012. Ia menemukan bahwasannya orang tua yang sedang mengalami masalah trauma ataupun cedera di kepala mereka cenderung akan memiliki risiko terhadap tingkat kematian yang lebih tinggi jikalau mereka baru mendapatkan perawatan pada akhir pekan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY