1

Di lansir pada situs The Obesity Action Coalition yang menyatakan bahwasannya rasa lapar yang sering melanda kita secara terus – menerus biasanya disebabkan oleh dua buah hormon yang biasa disebut dengan hormon leptin dan juga hormon ghrelin. Kedua hormon ini nyatanya yang akan mengirimkan sinyal lapar kepada seluruh tubuh, dan juga kadar pada kedua hormon ini yang sangat berlebih, yang dapat menyebabkan sinyal- sinyal tersebut di abaikan secara mentah – mentah oleh tubuh.

Inilah yang dapat menyebabkan tubuh kita terus menerus merasa lapar walaupun sebenarnya kita baru saja selesai memakan makanan yang berat. Cara mengantisipasi dari kelebihan hormone ini adalah, berikut ini merupakan cara termudah yang dapat kita lakukan untuk dapat menjaga kadar dari kedua hormon tersebut.

1. Meningkatkan kualitas tidur yang cukup

Berdasarkan sebuah hasil penelitian yang sudah di lakukan dan juga telah diterbitkan atau di lansir dalam PLoS Medicine, tidur ialah salah satu kunci untuk dapat menjaga berat badan tubuh kita yang seimbang. Penelitian tersebut menunjukkan bahwasannya kurang tidur ternyata dapat mengurangi kadar hormon leptin dan nyatanya dapat meningkatkan kadar hormone ghrelin. Perbedaan yang terjadi antara kadar hormone leptin dan hormone ghrelin dapat memicu nafsu makan yamg berlebih.

2. Menjaga diri agar tidak stres

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh UT Southwestern, ia menyatakan bahwa stres dapat menyebabkan meningkatnya hormon ghrelin dan mengakibatkan tubuh kita sering merasa lapa ucap Dr. Jeffery Zigman, seorang professor yang telah melakukan penelitian ini. Jadi, alangkah baiknya kita menghindari diri kita dari stres agar dapat menjaga kadar hormon ghrelin di dalam tubuh kita.

3. Diet protein

Dengan menghindari mengkonsumsi karohidrat yang berlebih dan juga dengan mengkonsumsi makanan yang sangat tinggi akan protein ternyata dapat menjaga kadar hormone leptin di dalam tubuh kita. Bukan hanya itu asupan yang tinggi akan karbohidrat nyatanya dapat menyebabkan terjadinya lonjakan insulin yang bisa meningkatnya produksisi leptin.
Berdasarkan penelitian ini, dapat kita simpulkan bahwasannya kadar leptin di dalam tubuh kita dapat di jaga dengan cara menghindari makanan – makanan yang banyak mengandung karbohidrat maupun makanan yang manis- manis. Tujuan utama dari hal ini ialah menjaga tubuh kita agar tidak sering merasa lapar yang sangat terlalu berlebihan dan ternyata langsung dapat berefek pada bobot badan kita.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY