1
Apa itu mata merah? Mata merah atau konjungtivis ialah kemerahan pada mata yang disebabkan oleh pembengkakan sebuah konjungtiva. Apa itu konjungtiva? Konjungtiva ialah selaput lendir yang bertugas melapisi kelopak mata dan juga melapisi permukaan mata. Apabila terjadi iritasi ataupun infeksi terjadi, maka lapisan pada mata ini akan menjadi berwarna merah dan juga bisa bengkak. Penyakit mata biasanya tidaklah penyakit yang serius, karena biasanya penyakit ini akan segera hilang dalam jangka waktu tujuh hingga sepuluh hari tanpa adanya perawatan dari medis.

Ada banyak hal-hal yang bisa menyebabkan penyakit mata merah seperti infeksi yang mana disebabkan oleh adanya virus ataupun bakteri. Bukan hanya itu, tetapi juga dapat disebabkan oleh mata yang kering karena apabila mata kekurangan air mata ataupun bisa jadi karena paparan dari sinar matahari. Konjungtivis ternyata juga dapat disebabkan oleh bahan-mbahan kimia ataupun asap dan juga alergi. Ternyata virus dan juga bakteri konjungtivis dapat menular dengan mudah.

Terkait dengan hal penularan itu, banyak sekali orang yang telah meyakini bahwasannya konjungtivis atau sakit mata merah dikatakan dapat menular melalui saat tatapan langsung dengan orang lain yang pada saat itu sedang mengalami sakit mata merah. Mereka telah beranggapan bahwasannya mikro-organisme yang dapat menyebabkan konjungtivis seperti halnya bakteri dan juga virus dapat menular melalui udara.

Dilansir dari geteyesmart.org, Richard G yang dikatakan oleh seorang dokter yang bernama Shugarman seorang dokter mata menyatakan bahwasannya kuman tidaklah berjalan ataupun dapat menular melalui cahaya ataupun udara dari satu orang ke orang lain. Konjungtivis hanya dapat menular melalui kontak langsung dengan si virus.

Shugarman juga akan mencontohkan bahwa penularan virus yang melalui gagang pintu. Andaikan seseorang yang sedang mengalami konjungtivis ia menggosok matanya dan lalu kemudian memegang gagang pintu rumahnya. Gagang pintu yang disentuhnya itu kemudian tanpa sengaja disentuh oleh orang lain yang belum mengalami konjungtivis lalu ia kemudian tanpa sengaja menggosok matanya tersebut. Ternyata hal ini bisa menjadi salah satu cara dalam proses penularan konjungtivis dari satu orang ke orang lain. Jadi konjungtivis tidak dapat menular dengan tatapan mata.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY