1

Berat badan berlebih sering kali dikaitkan dengan banyaknya makan dan kurangnya gerak tubuh. Olahraga tentu jadi solusi yang tepat. Namun seberapa kerasnya Anda berolahraga, tentu tak akan berpengaruh jika Anda tak melakukan pengaturan pola makan. Oleh karena itu olahraga yang bisa memadukan gerak tubuh yang maksimal, namun bisa meminimalisir rasa lapar, tentu jadi idaman banyak orang.

Terlebih lagi di bulan puasa seperti sekarang, banyak sekali orang yang ingin tetap memelihara kesehatan dengan berolahraga. Namun olahraga apa yang dapat meminimalisir lapar tersebut? Jawabannya adalah lompat tali.

Ya, sebuah studi dari Jepang menunjukkan, bahwa lompat tali lebih mampu menekan rasa lapar ketimbang bersepeda ataupun lari. hal ini dikarenakan lompat tali ternyata mampu menekan pelepasan hormon ghrelin, salah satu penyebab rasa lapar.

Para peneliti berasumsi, dalam lompat tali yang mengharuskan kita melakukan gerakan tubuh secara vertikal tersebut mempengaruhi pelepasan hormon lapar, daripada gerakan tubuh horizontal yang sering kita temui pada olahraga lari atau bersepeda. Untuk menguji gagasan mereka, mereka meneliti 15 pria sehat yang rata-rata berusia 24 tahun.

Di hari yang berbeda, para pria diharuskan untuk melakukan lompat tali selama 30 menit, naik sepeda statis, dan beristirahat. Durasi bersepeda disesuaikan dengan energi yang dibakar saat lompat tali. Selama dan seusai olahraga, para peneliti mengukur kadar hormon lapar dan menanyakan seberapa tinggi rasa lapar mereka. Selain itu peneliti juga mempertanyakan keinginan mereka untuk makan asin, manis, asam, atau makanan berlemak.

Dari penelitian tersebut, para pria ini merasa kurang lapar saat bersepeda dan lompat tali dibandingkan saat beristirahat. Perasaan tak lapar berlanjut sampai 15 menit setelah mereka berhenti bersepeda. Sedangkan seusai lompat tali, perasaan kurang lapar lebih lama, 25 menit.

Para peneliti juga menemukan kadar hormon lapar seusai bersepeda dan seusai lompat tali sama saja. Namun, kecenderungan makan makanan berlemak berkurang saat sedang berolahraga, terutama seusai lompat tali. Namun mereka merasa lapar seusai bersepeda, lebih besar daripada seusai lompat tali.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY