1

Puasa Ramadan termasuk ibadah yang wajib dikerjakan oleh semua umat Islam. Meski begitu, Islam memberikan keringanan pada seseorang dalam kondisi tertentu, termasuk salah satunya ibu menyusui untuk tidak berpuasa dan menggantinya di hari yang lain, atau dengan membayar fidyah.

Tapi, Anda pasti bisa membayangkan betapa beratnya menjalankan puasa sendirian di luar bulan Ramadan. Berpuasa di bulan Ramadan memiliki sensasi dan kenikmatan tersendiri, karena itu sangatlah sayang jika kita melewatkan bulan yang penuh berkah, di mana seluruh amalan akan dilipatgandakan.

Nah, di sini kita akan membagikan tips sukses kepada ibu menyusui agar sukses menjalankan puasa selama sebulan penuh. Ibu menyusui tetap bisa menjalankan puasa dengan sukses tanpa ada hambatan apapun. Nah, agar puasa lancar, sebaiknya simak tipsnya berikut ini. Ibu menyusui tetap bisa menjalankan puasa dengan sukses tanpa ada hambatan apapun lho. Nah, agar puasa lancar, sebaiknya simak tipsnya berikut ini :

1. Penuhi kebutuhan nutrisi

Saat sahur dan berbuka puasa, pastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Selain itu, jangan lupa asupan tambahan yang membantu melancarkan ASI, misalnya : madu, sari kurma, habbatussauda, dan lainnya.

2. Penuhi kebutuhan cairan

Ibu menyusui sangat membutuhkan asupan cairan agar terhindar dari dehidrasi. Jangan hanya minum air putih ya Bunda, tapi pilihlah minuman yang bermanfaat buat Anda dan si buah hati, misalnya : sari kacang hijau, jus buah, sari kedelai, dan lainnya.

3. Perbanyak makan buah dan sayuran

Buah dan sayuran tidak hanya kaya nutrisi, tapi juga serat alami yang membuat ibu kenyang lebih lama dan pastinya bermanfaat melancarkan ASI.

4. Jaga waktu istirahat

Merawat si kecil sangat menguras tenaga Anda, bukan? Apalagi saat pausa. Oleh karena itu, pastikan jaga pola istirahat yang cukup agar ibu tetap bugar selama berpuasa.

5. Hindari stress

Stress dapat menghambat produksi ASI, oleh karena itu pastikan ibu hamil bisa mengelola stress dengan baik.

6. Hindari membatasi memberikan ASI

Meski puasa, bukan berarti Anda harus membatasi pemberian ASI. ASI tidak akan habis, sebaliknya justru semakin melimpah jika sering diberikan pada si kecil.

7. Berdoa agar puasanya lancar
Apapun usaha Anda, pastikan lengkapi dengan doa yaa agar semuanya berjalan sukses dan tidak ada hambatan apapun.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY