Menu Sehat Buka Puasa Dan Sahur Untuk Ibu Menyusui

Menu Sehat Buka Puasa Dan Sahur Untuk Ibu Menyusui

472
0
SHARE

1

Menyusui bukan menjadi alasan untuk Mama tidak menjalankan ibadah puasa. Meski begitu, Mama tetap harus memerhatikan gizi agar tubuh tidak lemas dan pasokan ASI tetap banyak dan juga berkualitas untuk si kecil. Nah, berikut ada beberapa panduan serta tip menu buka puasa dan sahur untuk ibu menyusui yang tentunya sehat dan melancarkan puasa Mama yang sedang menyusui.

1. Makan banyak karbohidrat

Saat menyusui, Mama banyak mengeluarkan kalori. Untuk itu, Mama perlu mengganti kalori tersebut dengan karbohidrat saat buka puasa. Karbohidrat juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan dari produksi ASI. Hal yang sama juga perlu Mama lakukan saat sahur. Kalori yang masuk harus lebih banyak. Namun, Mama perlu mengatur jadwal makan agar tidak mengonsumsi makanan banyak sekaligus.

2. Minum banyak air putih

Awali puasa Mama dengan air putih yang banyak. Cairan ini sangat berguna untuk Mama yang akan menghadapi puasa dengan menyusui. Minum 3 hingga 4 gelas saat sahur sangat dibutuhkan untuk Mama menyusui. Begitu pula pada saat berbuka puasa, penggantian cairan harus dilakukan dengan cepat. Air putih juga akan menghindari Mama dari penyakit sembelit.

3.Konsumsi jus dan buah saat sahur

Jus dan buah mengandung gizi lengkap seperti vitamin dan mineral. Tidak hanya itu, jus juga dapat memenuhi kandungan cairan dan menjadi bekal selama puasa seharian. Mama bisa memilih buah yang memang kaya akan air. Mama juga bisa menggantinya dengan susu karena kandungan vitamin dan gizi lainnya yang lengkap.

4. Gizi seimbang saat sahur

Pada saat sahur, Mama mungkin berpikir untuk menambahkan makanan yang dikonsumsi. Memang benar Mama harus menambah kalori yang masuk. Namun, Mama perlu menyeimbangkan gizi. Terlalu banyak nasi misalnya akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh yang menyebabkan tubuh jadi mudah lemas. Menambah porsi sayuran hijau dan buah dapat menjadi alternatif menu sehat untuk sahur.

5.Protein penting untuk buka puasa

Tidak hanya sayur dan buah, saat buka puasa Mama juga membutuhkan aneka protein baik dari hewani atau nabati. Telur hingga daging perlu Mama masukkan dalam menu buka puasa dan sahur untuk ibu menyusui. Protein memiliki fungsi yang baik untuk mengganti sel-sel tubuh yang mungkin rusak atau tidak berfungsi dengan baik selama puasa.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY