Kurma Makanan Istimewa Di Bulan Puasa

Kurma Makanan Istimewa Di Bulan Puasa

396
0
SHARE

1

Komposisi Gizi Nilai gizi yang jadi andalan utama kurma adalah kandungan karbohidrat sederhananya alias gulanya yang tinggi. Kebanyakan varietas kurma mengandung gula glukosa ( jenis gula yang ada dalam darah) ataufruktosa (jenis gula yang terdapat dalam sebagian besar buah-buahan) .Sebagianbesar zat gula yang terdapat pada kurma sudah diolah secara alami dantidak berbahaya bagi kesehatan.

Seperti halnya gula pada buah-buahanyang dinamai fruktosa, zat ini mudah dicerna dan mudah dibakar olehtubuh. Dengan demikian akan menghasilkan tenaga yang tinggi, tanpa mempersulit tubuh untuk mengolah, mencerna dan menjadikannya sebagai gizi yang baik.Itu sebabnya mengapa kurma dianggap sebagaibuah yang ideal untuk hidangan berbuka puasa ataupun sahur.

Khasiat yang lebih istimewa,kurma dapat menurunkan risiko serangan stroke berkat tingginya kalium yang dikandungnya. Itulah mengapa kurma menjadi istimewa. Apalagi beberapa penelitian membuktikan, makanan tinggi kalium bisa menurunkan risiko serangan stroke.Cukup Lima Butir Sehari.Penelitian di Kalifornia Utara , AS pada wanita dan pria di atas usia 50 tahun.Ternyata makin banyak makanan kaya kalium yang dikonsumsi biasanya makin kecil kemungkinan orang menderita stroke.Para peneliti menyimpulkan dengan hanya makan satu porsi ekstra makanan kaya kalium (minimal 400 mg setiap hari) risiko fatal bisa diturunkan sampai 40%.Batas 400 mg itu terpenuhi dengan makan kurma kering sekitar 65 g saja atau setara dengan 5 butir kurma.

Menurut pakar penyakit darah tinggi dari Minnesota University AS ,kurma juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, serta bisa memberi kekuatan tambahan dalam mencegah stroke secara langsung, bagaimanapun kondisi tekanan darah seseorang.Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukannya bahwa konsumsi ekstra kalium bisa bisa menjaga dinding arteri tetap elastis dan berfungsi normal. Keadaan ini membuat pembuluh darah tidak mudah rusak akibat tekanan darah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY