1

Harga sebuah smartphone berbasis 4G LTE di negeri ini pada saat sekarang ini telah ada yang harga jualnya berkisar Rp 1 jutaan saja. Menurut Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan bahwasannya harga ini akan jauh lebih murah lagi, yakni hingga kisaran harga hanya Rp 600 ribuan saja.
Smartphone murah ini adalah sebuah bagian yang berasal dari ekosistem jaringan berbasis 4G LTE yang akan disuport oleh Menteri Komunikasi dan Informatika. Dengan harga yang sangat murah, maka 4G LTE ini dapat dinikmati oleh banyak orang.

“Pihak kami akan terus berusaha mendorong device. Dengan menggunakan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) atau apapun, intinya pihak kami akan terus berusaha mendorong akan hal ini, yang terpenting adalah harganya yang sangat murah ataupun harganya turun,” jelas Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika.

“Targetnya adalah 3 tahun dari sekarang, 4G LTE dapat dibanderol dengan kisaran harga hanya Rp 500 ribuan ataupun kisaran Rp 600 ribuan. Misalnya melalui smartphone berbasis 4G LTE yang diproduksi oleh Polytron. Hal ini dapat menjadi semacam skala ekonomi yang cukup besar dan juga untuk ponsel yang dikatakan sejuta umat,” ucapnya.

Harga smartphone semurah ini dapat segera tercapai sebagai buah dari adanya aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Aturan ini telah resmi disahkan oleh tiga kementerian, yakni Kominfo, Kementerian Perindustrian dan juga kementerian perdagangan pada bulan Juli lalu.

Ketiga kementerian ini juga ada yang berencana untuk meluncurkan SKB (Surat Keputusan Bersama) terkait TKDN ini. Akan tetapi rencana ini telah dinyatakan batal. “Tidak perlu yang namanya SKB, yang terpenting adalah ketiga kementerian ini saling berdiskusi agar tercapai mufakat. Yang pada ending nya cukup Kemenperin yang akan menyetujui dan juga menanda tangankannya”, tegasnya.

Untuk dapat memenuhi akan hal ini, vendor dapat membangun ataupun melakukan bekerja sama dengan perusahaan manufaktur agar bisa merakit handset buatan mereka di dalam negeri serta dapat membangun pusat design lokal ataupun sofware.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY