1

Wi-Fi yang mana pada saat ini tidaklah semua jenis wi-fi memiliki kecepatan yang sangat tinggi untuk dapat mengakses internet. Sebenarnya, kebutuhan akan internet pada zaman sekarang ini telah mengalami peningkatan dan juga membutuhkan koneksi yang jauh stabil dan juga lebih cepat. Bukan teknoloi Wi-Fi lagi katanya, yakni telah ada sebuah teknologi yang jauh lebih canggih yaitu bernama Li-fi.

Li-fi dapat memberikan sebuah akses internet jauh 100 kali lebih cepat apabila dibandingkan dengan Wi-fi yang telah lama kita kenal selama ini . Kecepatan dari Li-fi ini dapat menembus angka 1 Gbps (gigabit per detiknya). Akan tetapi, teknologi yang satu ini membutuhkan sebuah sumber dari cahaya, seperti halnya lampu LED yang standar, koneksi internet, dan juga detektor foto.

Li-fi memanglah pada saat ini masih dalam tahap uji coba oleh sebuah badan yang bernama start up Velmenni. Ia telah menggunakan bola lampu untuk bisa mengirimkan data-datanya dengan kecepatan hingga Gbps. Akan tetapi menurut dari hasil uji laboratorium, telah menyatakan bahwa teknologi ini bahkan mampu menunjukkan kecepatan hingga angka 224 Gbps.

Penelitian ini dilakukan di sebuah kantor yang mana telah memungkinkan akan karyawannya mengakses internet dan juga di dalam ruangan industri yang akan dapat memberikan pencahayaan yang sangat baik. Kabar buruknya, teknologi Li-fi belum dapatt diterapkan untuk umum atau publik,teknologi ini baru dapat digunakan oleh public pada waktu 3 hingga 4 tahun yang akan datang.

Nama teknologi Li-fi ini diciptakan oleh seorang Profesor yang bernama Harald Haas yang berasal dari Universitas Edinburgh. Profesor ini telah menunjukkan suatu teknologi pada konferensi Ted pada tahun 2011 yang lalu.

Teknologi ini tidaklah sama dengan Wi-fi yang dapat mengganggu sinyal radio, teknologi Li-fi ini dapat digunakan pada pesawat dan juga tempat-tempat lainnya tanpa adanya efek masalah. Spektrum Li-fi ini 10.000 lebih besar dan tidak mudah habis. Akan tetapi, teknologi li-fi memiliki kekurangan karena ia masih dapat mengganggu sinyal jikalau digunakan pada luar ruangan apa lagi di gunakan pada di bawah sinar matahari secara langsung.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY