Menggarap Proyek Palapa Ring II, XL Akan Kaloborasi Dengan Indosat

Menggarap Proyek Palapa Ring II, XL Akan Kaloborasi Dengan Indosat

476
0
SHARE

1

Mengenai pengadaan proyek kabel pada bawah laut yang akan digagas oleh pemerintah yang kerjaannya menggunakan media kapal selam ini bernama Palapa Ring II kini telah memasuki pada tahap kedua. XL Axiata, yang mana telah sebagai salah satu pihak yang telah lolos pada tahap pertama, pada saat kini ia akan menggandeng Indosat Oreedoo untuk dapat memproduksi sebuah konsorsium.

“Pihak kami membutuhkan p partner, sebab akan lebih susah lagi dalam mengoperasikannya. Ditambah lagu di bagian pulau-pulau kecil, sangatlah susah,” ujar CEO XL Axiata Ibu Dian Siswarini pada saat wawancara di kantornya.
Ibu Dian Siswarini mengatakan, bahwa pemerintah dalam hal ini yakni Kemenkomifo (Kementerian komunikasi dan Informasi )tidaklah mengharuskan atau mendorong memproduksi konsorsium. Akan tetapi memperbolehkan untuk dapat bekerja sama atau menggandeng partner lain. “Pemerintah tidaklah bisa maksa dan juga mendorong secara , Akan tetapi hanya memperbolehkan,” Jelas Ibu Dian Siswarini.

Konsorsium tersebut,terdiri dari dua operator dan satu perusahaan teknologi. XL Axiata rencananya akan menggandeng Indosat Ooredoo dan Alita dalam mega proyek tersebut.

Palapa Ring tersebut merupakan sebuah proyek besar dalam pembangunan pada jaringan utama di seluruh wilayah penjuru Indonesia untuk dapat terkoneksi dengan jaringan internet sekaligus menjadi target pada Rencana Pita Lebar Indonesia pada tahun 2014 hingga tahun 2019. Yang nantinya, masyarakat diwilayah pedesaan dapat menikmati akses internet dengan kecepatan mencapai 10 Mbps dan juga 20 Mbps bagi masyarakat daerah perkotaan.

Pada tahap pertama, yang telah berhasil memenangkan tender ini ialah Vendor Telkomsel, Vendor Indosat, Vendor XL Axiata, Vendor iForte Solusi Infotek. Dari berbagai macam sejumlah perusahaan ataupun konsorsium tersebut, pemerintah juga akan menawarkan sebuah tender dengan tiga paket yaitu pada wilayah Barat, Tengah, dan juga Timur. Pada wilayah Barat, akan segera direntangkan fiber optik dibawah laut sepanjang kurang lebih 1.122 kilometer. Pada wilayah Tengah, juga akan digelar serat optik pada wilayah darat maupun di wilayah laut kurang lebih sepanjang 1.676 kilometer. Sementara, pada wilayah Timur, panjang kabel optiknya sekitaran 5.681 kilometer pada daerah laut dan juga daerah daratnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY