1

Negara Indonesia akhir-akhir ini baru saja selesaikan sebuah tata ulang (refarming) mengenai 4G LTE pada frekuensi 1.800 Mhz. Teknologi mengenai 4G LTE ini, telah digadang-gadang dapat memberikan sebuah akses internet yang sangat jauh lebih cepat apabila dibandingkan dengan 3G.

Terlepas dari hal itu, telah muncul sebuah teknologi internet yang berbasis 5G yang telah dianggap akan dapat melampaui keunggulan dari 4G. Salah satu negara yang akan mengawali sebuah teknologi yang baik ini ialah Negara Jepang. Lalu, kapankah 5G ini akan segera hadir di Indonesia?

Menurut Bapak Menteri Komunikasi dan Informatika atau yang disingkat (Menkominfo), Bapak Rudiantara, yang mengatakan bahwa implementasi 5G ini haruslah melihat jangan hanya saja melihat teknologinya semata, namun kita juga harus lihat sisi lainnya. Contohnya saja pada model bisnis 5G yang mana akan diterapkan pada operator telekomunikasi.

“Implementasi pada 5G ini jugalah harus melihat dari sisi lainnya. Kita juga harus melihat sebagaimana juga sisi pada model bisnis ini sehingga kita dapat diimplementasikan oleh pihak operator telekomunikasi. Dan pada akhirnya model bisnis ini juga yang akan menentukan,” ucap Bapak Rudiantara alias Chief RA ini pada sesi acara Next Generation Broadband – 5G Forum di kawasan Jakarta.

Menkominfo ini juga akan melanjutkan strategi Indonesia yang harus selalu menjaga pada tingkat pengembangan teknologi yang akan imbasnya sangat menguntungkan bagi nusa dan bangsa. Jangan hanya sekadar mengadopsi teknologi baru tetapi belum jelas pada kesiapan sisi lainnya.

“Teknologi 5G ini memanglah merupakan sebuah teknologi yang dapat dikatakan yang akan datang. Ya gak dapat dihindari memang. Akan tetapi, mengimplementasikan hal ini dengan melihat dari sisi lainnya, masyarakat Indonesia mau menerima atau tidak, model ini berbisnis pada operator apa, dan juga mahal atau tidak kisaran harganya,” ujarnya.

Hanya sekadar informasi, keunggulan dari 5G ini di antaranya ialah memiliki kapasitas yang tinggi, latency yang sangat rendah, jumlah koneksi yang akan lebih banyak, dan juga terdapat layanan barunya. Lalu lintas datanya pun didalam sebuah area unit mengena jaringan 5G ialah 1000 kali lipat apabila dibandingkan dari jaringan 4G, tingkat akses para penggunanya pun dapat meningkat 10 hingga 100 kali lipat, dan juga kapasitas aksesnya mencapai angka yang fantastis yakni 50 miliar.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY