1

Sebagai salah satu smartphone yang mana sebagai smartphone generasi baru dari vendor Samsung, yaitu Galaxy S6 dan juga Galaxy Note 5 ini telah dibekali dengan sebuah teknologi modem internet yang canggih yang bernama ‘Shannon’ yang mana ia telah menjadi salah satu bagian dari prosesor Exynos 7420. Walaupun demikian, keberadaan modem canggih yang bernama Shannon ini telah disebut – sebut oleh para peneliti yang menyatakan bahwa smartphone ini sangat memungkinkan Galaxy S6 dan juga Samsung Note 5 akan lebih mudah dan rawan di sadap.

Eksploitasi pada modem canggih Shannon ini telah diklasifikasikan sebagai sebuah serangan yang bernama “man-in-the-middle” oleh para penemunya, yaitu dua orang peneliti yang bergerak pada bidang keamanan yang bernama Daniel Komaromy dan juga seorang Nico Golde.

Kerentanan pada software atau perangkat lunak di dalam badan modem canggih Shannon ini ternyata dapat memungkinkan seorang peretas bisa mengubah sistem pengaturan pada alat pengontrol di jaringan seluler tersebut atau (base station) terdekat untuk dapat membuat panggilan yang beralih pada base station yang merupakan buatan mereka. Ada kabar buruknya lagi, yang mana kerentanan pada smartphone ini ternyata dapat mempengaruhi perangkat pada high-end Samsung seperti halnya Galaxy S6 dan juga Galaxy S6 Edge.

Panggilan yang telah di rubah pada sistem rutenya ke base station sangatlah berbahaya yang mana kemudian akan segera diarahkan ke proxy yang mana ia bertugas sebagai perekam dan juga akan segera mengirim panggilan tersebut kepada pihak hacker.

Di tambah celakanya lagi ialah, di dalam aksi ini dapat di lakukan tanpa adanya rasa sadar oleh para penggunanya. Sehingga para pengguna tanpa menyadari akan terus membuatnya dan juga selalu menerima panggilan pada saat mereka sedang direkam oleh para hacker. Para peneliti ini juga sengaja tidak akan mempublikasikan hasil penelitian mereka ini secara rinci dan juga lengkap dari bentuk serangan tersebut untuk alasan sebagai perlindungan terhadap keamanan dari pihak konsumen. Akan tetapi , mereka juga telah menyampaikan masalah-masalah ini kepada pihak Samsung yang mana ia mengharapkan akan dapat memberikan sebuah perbaikan dalam waktu – waktu dekat ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY