1

Qualcomm akhir-akhir ini baru saja merilis sebuah prosesor yang dapat dikatakan terbaik dari vendor mereka, yaitu prosesor Snapdragon 820, demikian halnya yang juga dilakukan oleh vendor Samsung yang ternyata baru saja memperkenalkan kepada public yaitu sebuah prosesor Exynos 8 Octa 8890. Dengan demikian telah timbul sebuah pertanyaannya, prosesor yang manakah yang akan menjadi prosesor dengan posisi pertama pada prosesor smartphone yang terbaik pada saat ini?

Sebuah data dari benchmark yang mana ia unggah dan juga ia publikasikan di Weibo akhir-akhir ini telah menunjukkan sebuah perbandingan yang sangat besar antara performa prosesor mobile yang terbaik di penjuru dunia pada saat ini. Yang mana di antaranya ialah prosesor Snapdragon 820, prosesor milik Samsung Exynos 8 Octa, prosesor milik Apple A9 Apple, prosesor Huawei Kirin 950, dan juga prosesor MediaTek Helio X20. Perlu kalian ketahui bahwasannya, data yang terdapat di bawah ini ialah salah satu performa prosesor untuk di tes single-corenya saja.

Hasilnya ialah, seperti yang kalian ketahui, prosesor chipset Apple A9 telah masih menjadi prosesor yang tercepat dalam soal kinerja single-corenya. Di tempat posisi kedua ialah di tempati oleh prosesor milik Samsung yaitu Exynos 8890, di tempat posisi ketiga diduduki oleh prosesor Snapdragon 820, di tempat posisi keempat diduduki oleh prosesor Helio X20, dan terakhir di tempat posisi ke lima diduduki oleh prosesor Kirin 950.

Tentu saja hasil dari tes ini ialah masih dapat di kategorika sebagai ‘perang awal’, yang mana mengingat beberapa vendor prosesor yang telah disebutkan di atas ini masihlah belum benar-benar di uji cobakan pada gadget atau smartphone. Contohnya ialah prosesor Snapdragon 820 dan juga prosesor Exynos 8890, yang pada saat ini datanya masih diambil oleh pihak Qualcomm dan juga pihak Samsung.

Lebih lanjut lagi, apabila membahas mengenai kinerja multi-corenya, prosesor Samsung Exynos 8890 ini telah diprediksi akan menjadi prosesor yang paling mendominasi. Yang juga dapat dikatakan berhak berada di posisi pertama jika Apple A9 ini yang sebagai prosesor terbaik dapat dengan mudah diambil oleh prosesor Samsung yaitu Exynos 8890 di masa yang akan datang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY