1

Balon internet Google secara resmi telah mengumumkan bahwa telah bekerja sama dengan sebanyak tiga operator seluler yang cukup besar di tanah air agar dapat dilakukan uji coba. Apa sajakah Ketiga operator Tersebut? Ketiga operator Tersebut ialah Telkomsel, XL, dan juga Indosat.

Dalam proses uji coba tersebut, ketiga operator telah mensepakati untuk mengintegrasikan balon Google tersebut di frekuensi 900 MHz di milik ketiga operator seluler tersebut.

Direktur Utama pihak Telkomsel, yaitu bapak Ririek Adriansyah telah mengatakan, bahwa vendor Telkomsel telah melihat Project Loon ini sebagai salah satu inovasi yang baik dalam bidang teknologi terkini yang nyatanya sangat bermanfaat untuk dapat memperluas penyebaran internet- Internet di daerah-daerah yang sangat sulit untuk dijangkau dan juga memiliki kerapatan penduduk yang sangat amat rendah.

“Hal ini telah di harapkan supaya dapat melengkapi jaringan-jaringan Telkomsel yang pada saat ini sudah lah tersebar ke berbagai macam wilayah di Negara kita yaitu Indonesia, sehingga akan lebih banyak lagi masyarakat – masyarakat Indonesia yang dapat mengakses dan juga menikmati layanan mobile broadband yang sangat berkualitas ini,” ucapnya.

Sementara itu, dari pihak vendor Presiden Direktur XL, yaitu ibu Dian Siswarini, ia mengatakan bahwasannya teknologi pada system Project Loon ini merupakan sarana alternatif yang sangatlah efisien secara system ekonomi dan juga operasional, mengingat kondisi geografis wilayah NKRI . Sebagai negara yang maritim atau Negara kepulauan serta jumlah penduduk yang sangat banyak tetapi sayangnya tidak merata. Layanan ini telah dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi pemerataan mengakses koneksi internet ke wilayah – wilayah terpencil di seluruh wilayah Nusantara.
Begitu juga halnya dengan pendapat dari pihak Indosat, yaitu bapak Alexander Rusli, yang mengatakan bahwa kerja sama yang sangat amat strategis ini memiliki tujuan untuk dapat mendukung Negara Indonesia menuju Broadband Plan tahun 2014-2019.

Indosat yang nyatanya sebagai salah satu sarana operator telekomunikasi dan juga digital yang sangat amat terkemuka, dengan rasa senang hati ia mendukung program dari Pemerintah ini melalui kerja sama yang dilakukan dengan perusahaan teknologi yang telah mengglobal seperti halnya Google.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY