Waspada, Ternyata Ada Virus Pencuri Data Yang Sekarang Menyamar Menjadi File Microsoft...

Waspada, Ternyata Ada Virus Pencuri Data Yang Sekarang Menyamar Menjadi File Microsoft Word!

667
0
SHARE

1

Lagi-lagi dan lagi telah ditemukan sebuah virus atau yang biasa di sebut malware di Android tipe baru. Menurut seorang yang berrnama Zscaler, virus ini dapat mencuri nomor telepon para pengguna dan juga SMS di gadget kesayangan anda.

Bagaimana virus ini bisa masuk? Cara virus ini dapat masuk ke smartphone ialah dengan cara melalui perantara aplikasi yang telah diinstal oleh para pengguna. Seperti yang telah di kutip dari Softpedia aplikasi yang dapat menjadi inang virus ini ialah yang berasal dari berbagai sumber-sumber yang tidak resmi atau yang dibeli di luar dari toko aplikasi yang resmi seperti APP store dan juga Google Play Store.

Di saat aplikasi yang tidak resmi itu di pasang, maka virus langsung dan akan membuat sebuah ikon yang menyerupai file Microsoft Word pada layar utama gadged atau smartphone anda. Jika ikon atau gambar itu dibuka, maka akan langsung muncul sebuah pesan yang bertuliskan kalimat berbahasa inggris yaitu ‘Installation errors, this software is not compatible with the phone’.

Ternyata , membuka dan menekan ikon Microsoft Word ini nyatanya ialah salah satu kesalahan dan seharusnya kita hindari. Mengapa demikian? Sebab, hal ini langsung dapat mengaktifkan dan otomatis merespon si virus yang kemudian akan mencuri kontak kita dan parahnya lagi ia akan lagsung dapat mengontrol SMS maupun email kita.

Virus ini lantas langsung mengirim data yang telah dicuri ke alamat sebuah email si orang jahat atauhacker tersebut. Akibatnya ialah serangan pada virus ini, Zscaler juga mengatakan bila sesungguhnya sudah ada lebih dari 300 orang yang telah menjadi korban dari virus ini. Korban terakhir yang telah terdata ialah pada tanggal 10 Oktober yang lalu.

Bukan hanya berhenti di situ, Mengapa? Sebab fungsi pada panggilan tersebut juga dapat diambil alih. Ketika si penyerang mengirim sebuah pesan dalam bentuk SMS khusus yang di tujukan di smartphone si korban, malware atau virus ini akan siap menangkap SMS itu sebagai suatu tanda untuk memulai dan akan melakukan sebuah panggilan telepon ke nomor yang telah ada dalam pesan SMS tersebut. Aksi ini telah diklaim juga dapat digunakan sebagai memata-matai para pengguna secara siap 24 jam atau secara langsung ataupun secara real-time.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY