1

Sudah tidak menjadi rahasia umum lagi bahwasannya, berbelanja menggunakan pasar online merupakan salah satu penyebab dari bergesernya gaya hidup masyarakat di negeri ita ini. Hasil nya pun, potensi ini tak begitu saja dibiarkan percuma oleh startup di Negara Indonesia untuk mengembangkan pasar yang lumayan dan masih di katakan besar ini.

Menurut seorang pengamat situs besar Andri Riswandi, ada lima situs e-commerce yang dapat di katakana terbaik di Indonesia dan yang sering dikunjungi oleh para konsumen, di antaranya ialah Lazada, Bukalapak.com, Tokopedia, OLX atau took bags, dan situs Elevenia.

“Kelima situs di atas tersebut juga telah merepresentasikan model e-commerce yang telah berkembang di Indonesia,” ucapnya Meskipun kelima situs belanja online terebut cukup hebat di negeri ini, namunia mengunggkapkan , ada dua situs e-commerce yang sangat amat fenomenal, yaitu Bukalapak dan Tokopedia. Karena, kedua situs ini bisa dibandingkan secara head to head atau one by one karena memiliki bisnis yang sama-sama market place.

“Yang paling fenomenal tentu lah Bukalapak dan Tokopedia yang di mana keduanya bisa kita bandingkan secara head to head karena ia memiliki model bisnis yang sama-sama marketplace yang kita ketahui mengusung konsep C2C. Apabia menggunakan peringkat situs e-commerce di Indonesia juga tak terpaut jauh dari Negara lain. Bukalapak ternyata ada di posisi 13 dan situs Tokopedia berada di peringkat 15,” ujarya.

Ia juga menuturkan bahwa situs tersebut mampu dan dapat bersaing dengan situs jual beli online yang telah mendunia yaitu seperti Alibaba, ebay, dan Amazone. Hal ini telah terbukti baik Bukalapak maupun Tokopedia, telah mampu merebut hati para konsumen pasar online di Indonesia di tengah gempurnya situs jual beli online yang telah mengglobal.

Penelitian yang di lakukan biro riset Frost & Sullivan pada 2013 kemarin mengatakan bahwa, Indonesia dan China, menjadi negara yang pertumbuhan pasar e-commerce nya terbesar di dunia dengan rata-rata jumlah pertumbuhan mencapai 17 persen setiap tahunnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY