1

Perusahaan terbesar di dunia yaitu Apple Inc di sebut-sebutakan akan menanamkan investasi di Negara kita yaitu Indonesia. Hal tersebut pun dibenarkan juga oleh pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Bapak Rudiantara. Akan tetapi, di sebutka nya, Pihak Apple belum pernah menjelaskan secara detail seperti apa investasi yang akan diselenggarakan di Indonesia .Akan tetapi, arahnya pasti untuk pusat riset.

“Pihak Apple itu sendiri mengusulkan seperti investasi ini dengan model yang sama persis dengan Negara sebelumnya yang pernah di riset oleh pihak Appe yaitu di negara Brazil. Mereka ingin adopsi ke Negara kita yaitu Indonesia. Rincinya, lihat saja nanti,” ujar pak menteri ketika hadir di acara ulang tahun XL di Jakarta hari Jumat (16/10).
Dalam pertemuan bersama ini pun pihak Apple yang merupakan perusahaan asal California tersebut, ia menjelaskan juga mengenai soal kebijakan aturan Tingkat Komponen dalam Negeri (TKDN) yang di mana 30 persen di gunakan untuk smartphone 4G yang akan diterapkan di tahun 2017 mendatang .

“Pemaahasan soal aturan TKDN ke masa depan juga. Karena 30 persen itu seperti apa yang mereka belum ketahui, di karenakan belum dibicarakan secara detail dan terperinci. Hal ini di karenakan pihak Kementerian Perindustrian dan perdagangan sedang menyiapkan aturann yang detail mengenai 30 persen, dan pasti arahnya ialah dibagi antara software development yang berisi Research and Development atau (R&D), kemudian desain serta lainnya.

Lalu manufaktur. Dalam hal ini Manufaktur dibagi menjadi dua, yaitu ada manufaktur yang hanya fokus pada software dan hardware. Yang mana nantinya 30 persennya diatur antar itu semuanya. Pokok nya Detailnya di Kementerian Perindustrian,” tegasnya.

Chief RA juga mengatakan, andaikan perusahaan global yang ingin berinvestasi di Indonesia selalu dan pasti mencari lokasi yang sangat amat murah atau biasa di sebut dengan istilah lowest cost of goods sold. Contohnya, perusahaan Samsung yang telah menerapkan sistem lowest cost of goods sold (Lcogs). Strategi ini hanya di tempat-tempat tertentu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY