Tak Ingin Mimpi Buruk, Hindari Jenis Makanan Ini!

Tak Ingin Mimpi Buruk, Hindari Jenis Makanan Ini!

724
0
SHARE

1

Waktu tidur yang cukup bukanlah satu-satunya faktor yang harus dipenuhi untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Sebab nantinya mimpi yang kita alami semalam akan memberikan pengaruh pada suasana hatinya kita esok harinya. Apalagi jika yang kita alami adalah mimpi yang buruk.

Mimpi buruk tidak hanya bisa menjadi penyebab detak jantung yang lebih cepat. Namun juga bisa membuat seseorang menjadi lebih lelah walaupun sudah tertidur cukup lama. Mimpi buruk dapat terjadi karena ada kekacauan dalam penerimaan informasi di dalam otak saat tidur dalam fase REM. Hal ini dapat terjaid karena seseorang sedang mengonsumsi obat tertentu, minuman yang mengandung alkohol, atau bisa jadi juga karena tingkat sensitivitas pada makanan tertentu yang bisa menjadi penyebab datangnya mimpi buruk. Sehingga disarankan bagi Anda untuk menghindari makanan yang bisa menyebabkan mimpi yang buruk saat sudah mendekati jam tidur.

Beberapa makanan yang bisa memicu mimpi yang buruk bila dimakan di malam hari adalah makanan pedas, makanan yang mengandung lemak tinggi, atau yang banyak minyak hewani. Penyebabnya adalaha makanan seperti ini bisa menaikkan suhu tubuh seseorang. Pada akhirnya akan mengganggu fase tidur REM. Ini sama juga saat seseorang sedang menderita demam. Belum lagi sulitnya mencerna makanan yang berat dan pedas sehingga siklus tidur akan terganggu.

Makanan yang mengandung komposisi kimia tertentu dapat memberikan pengaruh mimpi seseorang. Seperti makanan yang mengandung triptofan atau melatonin yang akan memperpanjang tidur fase REN dan membuat mimpi terasa lebih nyata. Hindari makanan yang mengandung komposisi tersebut menjelang waktu tidur. Apalagi bagi Anda yang terbiasa tidur setelah makan. Sangat mungkin mimpi buruk akan hadir di malam harinya.

Jadi bukan hanya harus cuci kaki sampai bersih sebelum tidur supaya tidak mimpi buruk ya! Masih banyak faktor lainnya yang bisa menyebabkan seseorang bermimpi buruk. Mulai sekarang jangan makan makanan yang berpotensi menyebabkan mimpi buruk ketika hampir waktunya tidur. Jika memang tetap ingin makan makanan tersebut, usahakan untuk tidak langsung tidur atau makanlah di jam yang cukup jauh dari waktu tidur Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY