1

Skizofrenia adalah salah satu jenis gangguan jiwa yang belum dapat dipastikan secara tepat penyebabnya. Penyakit ini bisa terjadi dengan alasan yang kompleks, tetapi bukan berarti tidak dapat disembuhkan. Penderita penyakit ini dapat sembuh tetapi tetap memiliki resiko mengalami kekambuhan.

Skizofrenia dapat timbul karena faktor biologis, perkembangan kepribadian bahkan faktor lingkungan sosial. Interaksi yang berasal dari ketiga faktor tersebut selain menjadi akar penyebabnya, bisa juga sebagai penyebab kekambuhan.

Skizofrenia ialah masalah kejiwaan yang biasanya timbul dengan tanda-tanda menurunnya kemampuan penderita dalam melihat dan juga menilai realitas. Gejala utama dari skizofrenia adalah halusinasi atau delusi.

Penderita harus terus mengikuti pengobatan rutin, jangan sampai putus di tengah jalan, karena dapat berakibat kekambuhan pada orang dengan skizofrenia (ODS). Bagi ODS yang rutin mengikuti terapi atau minum obat teratur saja masih ada kemungkin kambuh, hal ini dapat lebih berisiko pada ODS yang tidak minum obat sama sekali.

Kekambuhan juga dapat terjadi karena mengalami tekanan hidup yang dirasa berat bagi dirinya, seperti sulit melakukan interaksi sosial terutama jika berada di antara semua keluarga besar dan kerap mendapatkan pertanyaan pada hal yang bersifat sensitif.

Tanda awal ODS akan kambuh dapat berbeda gejalanya antara satu orang dengan yang lainnya. Beberapa tanda awal yang biasanya muncul karena ODS mengalami gangguan tidur, entah itu tidur terus atau pun tidak bisa tidur, gelisah, menarik diri dari pergaulan. Ada pula faktor faktor pemicu kambuhnya penyakit, seperti berhenti minum obat, bertengkar dengan seseorang, hal ini harus dikenali agar meminalisir ODS mengalami kekambuhan.

Arahkan ODS untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan sesuai hobby yang disukai. Hal ini dapat membuat penderita skizofrenia pulih lebih cepat dan tidak kambuh. ODS pun perlu dilibatkan dalam kegiatan yang bisa membuat dirinya santai dan tenang, seperti berdzikir, yoga atau meditasi karena dapat membantu pemulihan bagi penderita gangguan jiwa.

Jangan lepaskan perhatian dari penderita Skizofrenia, dampingi secara bijaksana karena hal ini juga penting untuk membantu kesembuhannya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY