Kota Di Bawah Laut ( Bagian 2 )

Kota Di Bawah Laut ( Bagian 2 )

1205
0
SHARE

1

Kota bawah laut terbentuk karena terjadinya gempa atau pun tsunami yang mampu menenggelamkan seluruh kota. Setelah beberapa abad lamanya keberadaan kota ini tercium oleh manusia dan mulailah dilakukan penggalian dijadikan situs bersejarah.

1. Yonaguni Jima

Yonaguni Jima merupakan berada di Pulau Yaeyama, Jepang. Kota yang konon sangat luar biasa pada masanya ini ditemukan sejumlah artefak yang terbuat dari pahatan lempengan batu yang kokoh hingga dibutuhkan teknologi tinggi untuk mengambilnya. Selain itu ada juga bangunan seperti piramida yang menjadi kontroversi hingga saat ini. Kota Yonaguni Jima diperkirakan sudah ada sejak 5000 tahun lalu dan tenggelam sekitar 2000 tahun lalu

2. Thira, Turki dan Yunani

Kota Thira diperkirakan tenggelam 3500 tahun yang lalu. Terletak diantara Turki dan Yunani ini. Kota Thira adalah ibukota kerajaan Minoa ditemukan saat penyelaman di laut Aegia. Letaknya di dalam laguna pulau Santorin, gunung api setinggi 1500 meter di atas permukaan laut. Direktur Pusat Informasi Tsunami Internasional, George Pararas-Carayannis di Honolulu, kota ini mempunyai sudah beradaban yang lumayan tinggi. Gedung-gedungnya memiliki tingkat satu, dua bahkan tiga. Ditemukan banyak artefak Minoa dan juga alat-alat rumah tangga. Tapi tidak ditemukan kerangka manusia. Hingga ditarik kesimpulan penduduk kota Minoa telah mengenal tanda bahaya gunung meletus dan segera menghindar.

3. Heraclion, Mesir

Sekitar 1200 tahun yang lalu kota Mesir kuno Heracleion menghilang diperkirakan di bawah laut Mediterania. Kota yang didirikan era ke-12 SM sebelum berdirinya kota Alexandria sekitar tahun 331 SM, ada kemungkinan bahwa Heracleion menjabat di pelabuhan untuk mengawasi seluruh kapal yang datang dari Yunani masuk ke Mesir.

4. Cleopatra’s Kingdom, Alexandria, Egypt

Hilang sekitar 1. 600 tahun lamanya, sisi kerajaan Cleopatra diketemukan dilepas pantai Alexandria. Tim arkeolog kelautan, yang di pimpin oleh negara Perancis, Franck Goddio, melakukan penggalian kota kuno pada tahun 1998. Situs itu diperkirakan terbenam karena gempa bumi dan juga gelombang besar. Sebagian artefak beberapa besar berada dalam kondisi utuh. Di antaranya adalah pondasi istana, kolam granit merah, patung dewi Isis dan juga sphinx.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY