1

Bumi telah ada sejak miliaran tahun silam dengan beraneka penduduk bumi dan beragam peradaban manusia. Seiring berjalannya waktu banyak peradaban yang berkembang dan juga hilang yang tersisa menjadi puing peninggalan sejarah. Peradaban biasanya berbentuk puing kota megah yang dulu sangat berkembang .

Puing yang lolos dari bencana alam seperti gempa bumi atau tsunami, sebagian kota-kota kuno ini lenyap seketika. Seperti bangunan yang berada di bawah laut yang merupakan sebuah kota pada zaman dahulu yang terendam air dan bersatu bersama samudera.

1. Port Royal

Kota Kuno ditemukan di Jamaika Tenggara diberi nama Port Royal. Kota ini terkenal sebagai kota perdagangan pada masa jayanya abad ke-17. Kota ini tenggelam kira-kira dua abad silam karena gempa bumi yang terjadi pada tahun 1692. Bencana gempa bumi terjadi sebanyak tiga kali yang disusul gelombang pasang sanggup melululantahkan kota dan membenamkannya hingga dasar laut. Tahun 1966 pemerintah Jamaika melakukan penyelaman dan penggalian untuk menyelamatkan Kota Port Royal. Kota itu berada di bawah air dalam kisaran 20 meter, dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengangkat artefak-artefak.

2. Baiae di Italia

Italia memiliki kota kuno yang kini berada di dasar laut karena tenggelam yang diberi nama Baiae, diambil dari nama seorang pengembara, Bayius yang konon dikuburkan di sana. Kota Baiae hancur akibat serangan orang-orang tidak bertanggungjawab, dan juga karena warganya terserang malaria. Selain itu kehancuran diperparah dengan letusan gunung berapi hingga wilayah Baiae tenggelam ke dasar laut.

3. Pavlopetri, Yunani

Kota ini berada di dasar laut Yunani, diperkirakan sudah ada sejak 2800 SM pendapat lain memperkirakan kota ini telah ada sejak 1600 bahkan 110 SM. Meski telah berada di bawah laut selama ribuan tahun, namun struktur bangunan di kota tetap terlihat hampir utuh. Sekitar 15 bangunan terlihat bentuknya dan juga jalan-jalan. Kehancuran kota karena gempa bumi itu kini sebagai situs yang diilndungi oleh badan PBB yakni Unesco.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY