1

Batik, kerajinan dengan nilai seni yang tinggi bagian dari budaya negara Indonesia. Batik merupakan warisan turun menurun dari nenek moyang bangsa Indonesia sejak dulu kala.

Sejarah batik di Indonesia ada kaitan perkembangan kerajaan-kerajaan yang berada di Indonesia. Batik memiliki banyak perkembangan yang dilakukan sejak masa-masa kerajaan banyak berdiri.

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kain batik sebagai ciri khas mereka. Saat ini batik telah berkembang pesat bahkan sudah mendunia. Batik bisa menjadi ciri khas sebuah daerah dengan harga yang lumayan fantastis tergantung dari keorisinalitasannya.

Untuk itu bahan batik yang benar-benar asli tentu saja harus dijaga dan dirawat dengan baik karena baju berbahan batik akan cepat pudar jika penanganannya tidak sesuai. Berikut ini cara merawat kain batik agar warnanya lebih tahan lama.

1. Jangan mencuci batik di mesin cuci. Karena dapat merusak motif dan juga warna yang dimilikinya.

2. Jangan menggunakan detergen. Anda dapat menggunakan sabun cuci khusus untuk kain batik. Atau menggunakan shampo rambut. Cukup dilarutkan dengan air secukupnya.

3. Jangan menggosok atau mengucek kain batik. Jika ada noda membandel, usapkan sabun mandi atau jeruk nipis.

4. Jangan menjemur batik di bawah matahari langsung. Cukup diangin-anginkan di bawah tempat teduh hingga kering. Usahakan kedua sisi kain batik tidak saling menempel ketika dijemur.

5. Semprotkan sedikit air di atas kain batik, tutupi dengan sehelai kain, baru disetrika dengan suhu sedang.

6. Jangan menyemprotkan pewangi, pelembut kain atau parfum secara langsung. Apalagi pada batik sutera yang menggunakan pewarna alami.

7. Simpan rapi di dalam lemari, dan jangan diberi kapur barus, karena akan membuat batik cepat rapuh. Sebagai gantinya, taruh sedikit biji merica yang dibungkus tisu atau kantong berongga di sudut lemari. Atau bisa menggunakan akar wangi yang sudah dicelup dalam air panas dan dijemur hingga kering.

Lakukanlah perawatan tersebut dengan cermat, karena batik merupakan sesuatu yang istimewa dan kerap identik sebagai identitas bangsa kita.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY