1

Kesemutan adalah sensasi yang tidak wajar pada tubuh karena terjadinya penyumbatan alian darah yang mengalir pada seluruh tubuh.

Hal-hal yang dapat menyebabkan kesemutan adalah posisi duduk atau berdiri yang terlalu lama, kekurangan vitamin B12, kekurangan kalsium atau yang lainnya. Kesemutan terjadi jika ada saluran syaraf yang berada dalam keadaan terjepit yang terlalu lama, untuk kesemutan yang paling parah biasa disebut Parethesia.

Kesemutan yang terlalu sering menyerang sebaiknya jangan dianggap remeh, karena itu dapat menjadi sinyal tentang kesehatan pada diri sendiri.Beberapa penyakit yang timbul dengan gejala kesemutan adalah:

1.Diabetes Militus

Penyakit yang banyak merenggut nyawa ini sering diawali dengan gejala kesemutan. Kesemutan yang terlalu sering dialami akan menjadikan aliran dRh sulit beredar pada tubuh dan lama kelamaan bisa saja timbul penyakit DM ini. Untuk itu tidak ada salahnya melakukan cek gula darah secara teratur, mengkonsumsi vitamin B1 dan B12 dan juga mengikuti arahan dokter yang menangani.

2.Stroke

Kesemutan juga dapat menjadi salah satu gejala bahwa tubuh akan terserang stroke, selain kesemutan biasanya penderita stroke akan mengalami pusing, kebas, lumpuh pada seelah bagian tubuh dan kesulitan dalam berbicara.

3.Jantung

Ada beberapa kasus yang terjadi pada penderita penyakit jantung. Ada kasus yang terjadi setelah pemasangan klep pada penderita jantung dan mengalami pembekuan pada darah yang mengakibatkan seberal embolik. Jika hal ini terjadi maka akan memberikan kesemutan dan juga gangguan sensor motorik dalam tubuh lainnya.

4.Reumatik

Penderita penyakit reumatik juga sering mengalamin kesemutan, reumatik biasanya terjadi karena ada masalah pada engsel dan sendi yang terjepit dan terkena tekanan. Jika hanya mengalami kesemutan biasa, maka kesemutan dapat diatasi dengan memperbaiki aliran darah pada bagian tubuh yang terserang kesemutan dengan cara memijat atau menggerakan tubuh secara perlahan. Dapat juga mengkonsumsi vitamin yan memperlancar peredaran darah, menghindari minum alkohol, dan memperbanyak konsumsi buah-buahan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY