Tips Mengolah Keuangan Bagi Anak Kost

Tips Mengolah Keuangan Bagi Anak Kost

384
0
SHARE

1

Menjadi mahasiswa membutuhkan perjuangan yang berat, bukan saja saat menempuh ujian atau pun menelan materi yang diberikan. Tetapi ada hal lain yang juga harus lebih diperhatikan bagi mahasiswa yang harus menempuh kehidupan dengan kost dan hanya sanggup mengandalkan jatah bulanan dari orang tua. Untuk kamu yang berada di posisi ini jang khawatir, terapkanlah beberapa tips berikut ini:

1.Dahulukan Hal Terpenting

Jika tiba saatnya menerima jatah bulanan dari orang tua, mulailah melakukan pembayaran yang paling penting seperti membayar tempat kost, belanjalah kebutuhan makanan yang dapat di stok untuk waktu yang lama hal ini sangat penting saat tanggung bulan tiba.

2.Hemat

Ini penting bagi siapa pun, jika ada hal yang bisa dilakukan sendiri untuk berhemat maka akukanlah. Seperti mencuci misalnya, kerjakanlah sendiri jangan selalu menggunakan jasa laundry. Gunakan fasilitas perpustakaan untuk memenuhi buku-buku pelajaran atau berburu buku bekas yang masih layak untuk digunakan. Begitu pula untuk masalah internet yang diperlukan untuk mencari materi, carilah jaringan wifi yang dapat dengan mudah diakses karena hal ini dapat membantu menghemat keuanganmu.

3.Makan

Untuk urusan yang satu ini harus benar-benar diperhatikan, jangan selalu mengkonsumsi mie instans. Jika tempat kost memungkinkan untuk memiliki sebuah rice cooker, maka belilah. Hal ini dapat membantumu mengkreasikan berbagai bentuk nasi dengan mudah. Misalnya cukup masukan santan kemasan ditambah dengan bumbu penyedap rasa dan juga daun salam serta sereh dalam nasi yang akan dimasak di rice cooker, maka kamu akan mendapatkan nasi uduk sebagai sajian. Selain itu dapat juga dengan membeli lauk atau sayur sederhana sebagai teman nasi yang telah kamu masak.

4.Mencari Penghasilan Tambahan

Sebagai mahasiswa belajar adalah kepentingan utama, tetapi tidak ada salahnya jika memiliki banyak waktu luang digunakan untuk menambah penghasilan. Misalnya saja dengan menulis lalu kirim ke media yang memberikan honor atau pekerjaan freelance lainnya yang halal dan juga memungkinkan untuk terus kuliah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY