1

Gempa bumi biasa terjadi karena adanya pergerakan lempengan kerak bumi, atau terjadinya guncangan atau getaran yang terjadi di permukaan bumi karena adanya pelepasan energi yang berada di dalam dari dalam bumi dan mampu menciptakan gelombang seismik.

Gempa bumi terjadi dengan tingkat kekuatan yang berbeda-beda. Tak sedikit gempa yang dihasilkan memakan korban jiwa. Beberapa gempa hebat yang pernah terjadi di Indonesia, adalah :

1.Gempa Bumi di Samudera Hindia

Gempa yang terjadi pada 26 Desember 2004 adalah gempa terhebat dalam kurun waktu 40 tahun sebelumnya. Gempa dengan skala 9.1-9.3 SR ini menghasilkan tsunami yang pada akhirnya merenggut korban jiwa di daerah Aceh, Sumatera Utara, Thailand, Srilangka, Semenanjung Malaysia hingga pantai timur Afrika. Korban jiwa yang diketahui karena gempa ini mencapai 230.000 jiwa.

2.Gempa Bumi Sumatera

Gempa ini terjadi pada 25 November1833 dengan kekuatan sekitar 8.8 – 9.2 SR. Gempa ini juga mengakibatkan tsunami pada pantai barat daya pulau. Korban jiwa dalam kejadian ini tidak terdeteksi .

3.Gempa Laut Banda

Gempa yang terjadi pada 1 Februari 1938 ini merupakan gempa terbesar urutan 9 pada abad ke 20. Kekuata gempa ini juga menimbulkan tsunami yang diperkirakan mencapai ketinggian 1,5 M. Tidak ada korban jiwa yang tercatat dalam kejadian ini.

4.Gempa Bumi Bengkulu

Gempa ini terjadi pada 12 September 2007 berkekuatan 7.9 SR. Gempa ini termasuk rangkaian gempa yang terjadi di Palung Jawa, lepas pantai Bengkulu. Gempa ini juga menimbulkan tsunami dengan ketinggian yang diperkirakan 1 meter di pantai-pantai Samudera Hindia.

5.Gempa Bumi Jawa

Gempa yang terjadi pada 17 Juli 2006 ini memiliki kekuatan 7.7 SR, terjadi di lepas pantai daerah Jawa Barat. Gempa ini menghasilkan tsunami dengan ketinggian sekitar 2 meter dan korban yang meninggal diperkirakan 659 jiwa. Dampak tsunami ini menerpa desa-desaa di pesisir pulau Jawa daerah Selatan seperti di Cipatujah, Pangandaran, Ciamis dan juga daerah Tasikmalaya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY