1

Mutiara adalah benda keras yang biasa dihasilkanoleh tiram yang termasuk hewan Molusca. Molusca kemudian membentuk kalsium karbonat yang dapat membentuk bulatan kecil yang dapat berubah ukurannya dan itulah yang biasa disebut mutiara.

Mutiara banyak digunakan sebagai bahan perhiasan yang biasa digunakan sebagai aksesoris wanita. Mulai dari cincin, gelang, kalung dan yang lainnya. Harga yang dibandrol untuk sebuah perhiasan dari mutiara ini bis dibilang lumayan mahal. Karena memang penampilan dan kualitas yang diberikan memang benar-benar bagus.

Penggemar perhiasan mutiara ini dapat dibilang sangatlah banyak. Karena inovasi yang ditawarkan oleh para produsen, mulai dari model bahkan juga warna yang menarik. Sangat menggunakan perhiasan mutiara, seorang wanita dapat terlihat sangat anggun, berbeda dengan saat menggunakn perhiasa yang terbuat dari emas.

Namun bisnis jual beli mutiara pun sering kali dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Banyak sekali aksesoris mutiara yang beredar merupakan perhiasan yang memiliki bahan mutiara yang palsu. Hal itu tentu saja merugikan pihak konsumen, karena perhiasan mutiara yang palsu itu diberi label asli dan juga dijual dengan harga yang mahal.

Perhiasan mutiara yang asli atau pun palsu memang sulit dibedakan apalagi bagi orang awam. Bila dilihat secar kasat mata, tentu saja akan terlihat sama antara satu dengan yang yang lainnya. Beberapa cara yang biasa dilakukan oleh toko atau pun penjual perhiasan mutiara di antaranya adalah:

1.Tes Kekuatan

Untuk mengetahui kekuatan sebuah mutiara biasanya digunakan dengan metode menggigit atau dengan menggesek permukaan mutiara dengan ke bagian gigi, mutiara asli akan memberikan tekstur pasir pada gigi.

2.Tes Friksi

Cara yang dilakukan adalah dengan menggosokkan mutiara asli dengan mutiara yang palsu. Setelah digesek secara perlahan mutiara palsu akan terlihat lebih licin dari yang asli.

3.Uji Kaca Pembesar

Kaca pembesar dapat membantu untuk menbedakan mana mutiara yang asli dan mana yang palsu. Caranya adalah dengan memeriksa permukaan di bawah 64. Mutiara yang asli akan terlihat tekstur seperti labirin halus dan bersisik, sedangkan untuk mutiara palsu akan terlihat berbintik-bintik.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY