1

Kebakaran hutan di Indonesia sungguh sangat-sangat memprihatinkan. Bukan sekali atau dua kali hal ini terjadi. Hal ini tadak lain dikarenakan keegoisan segelintir pengusaha yang melakukan pembukaan laha secara brutal dan tidak memiliki akal.

Usaha mereka membakar hutan sangatlah tidak setimpal dengan fungsi-fungsi hutan yang jauh lebih bermanfaat bagi banyak penduduk.

1.Hutan sangat berperan untuk mencegah erosi dan juga tanah longsor. Akr pohon dapat menahan butiran-butiran tanah agar tanah tidak ikut aliran air hujan.

2.Pohon-pohon yang berada di hutan juga berfungsi sebagai penyeimbang persediaan air hingga pada saat musim hujan tidak mengalami banjir dan pada musim kemarau tidak mengalami kekeringan.

3.Hutan dapat menjadi sumber berkembangbiaknya aneka ekosistem kekayaan hayati.

4.Mengurangi polusi dan juga pencemaran udara di sekitar.

5.Hutan sebagai tempat studi dan juga riset ilmu pengetahuan.

Sedangkan kebakaran hutan yang disebabkan oleh kesengajaan sangat tidak memiliki perikemanusiaan. Karena kebakaran hutan dapat menimbulkan bahaya sebagai berikut;

1.Polusi asap

Jika terjadi kebakaran hutan maka polusi asap tidak dapat dihindari lagi. Polusi ini menyebabkan terganggunya segala jenid kegiatan dan juga transportasi.

2.Kerusakan Lingkungan

Kerusakan lingkungan akan terjadi di segala aspek, seperti kualitas air, udara musnahnya keanekaragaman hayati.

3.Hilangnya Pohon-Pohon Penyangga

Pohon-pohon yang berfungsi sebagai penyangga keseimbangan lingkungan akan habis terbakar, hal ini dapat mengakibatkan banjir dan juga kekeringan.

4.Peningkatan Hama

Kerusakan hutan yang fatal bisa saja menjadi salah satu sebab terjadinya peningkatan hama. Karena hewan-hewan penghuni hutan akan kehabisan bahan makanan yang terdapat di hutan dan akan turun ke lingkungan tempat tinggal warga.

5.Menghabiskan Anggaran Negara

Memadamkan lahan yang terbakar bukanlah hal yang mudah. Selain itu setelah hutan terbakar dan habis akan diperlukan dana untuk melakukan rehabilitasi yang pastinya akan memakan anggaran dan juga waktu yang tidak sedikit.
6.Penyebaran Penyakit
Kebakaran hutan sangat besar resikonya terhadap lingkungan sekitar. Wabah penyakit dapat disebabkan oleh asap, atau pun oleh air yang telah terkontaminasi polusi dari kejadian ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY