1

Berbagai perangkat teknologi terus dibuat oleh Samsung. Dua phablet unggulannya telah diumumkan beberapa waktu sebelumnya. Sekarang Samsung telah memberikan bocoran smartwatch terbarunya. Namun untuk rinciannya sendiri sayangnya harus kita tunggu sampai tanggal 3 September nanti di Berlin. Mengingatkan kembali, Samsung pertama kali memperkenalkan smartwatch pertamanya pada tahun 2013 akhir. Menamainya dengan Galaxy Gear. Lalu ada 5 smartwatch lainnya yang mengikuti. Termasuk tipe Gear 2 yang memberikan penawaran smartwatch dengan Android Wear.

Kemudian muncul lagi smartwatch Gear S yang mempunyai konektivitas 3G sendiri untuk selular. Setelah itu ada pula Gear Circle, sebuah headphone bluetooth tanpa kabel yang bisa bergetar ketika ada panggilan masuk. Samsung sendiri memang tidak mengeluarkan produk smartwatch selama setahun ini. Ini membuat banyak pengguna yang memfokuskan diri pada smartwatch yang dikeluarkan Apple April lalu.

Bertahan selama 3 bulan, padahaal smartwatch keluaran Samsung yang pernah memimpin pasar langsung digantikan dengan cepat oleh produk Apple untuk pasar smartwatch. Apple memimpin dengan 76% smartwatch sedangkan Samsung hanya mampu menguasai 7,5% saja. Angka yang sangat jauh untuk persaingan produk smartwatch ini. Sehingga Samsung perlu mengeluarkan beberapa model smartwatch dan digunakan di puluhan negara apabila mereka ingin mengurangi dominasi produk Apple untuk smartwatch secara global.

Walaupun dibandingkan pengguna smartphone, pengguna smartwatch jumlahnya terbatas, pasar ini juga cukup menjanjikan untuk beberapa pengembang produk ini. Apalagi jika persaingannya hanya antara dua produk besar seperti antara Apple dan Samsung. Berbeda dengan pasar smartphone yang persaingannya jauh lebih ketat dengan banyak produk. Apalagi sekarang ini semakin banyak produk smartphone yang menjanjikan spesifikasi yang lebih baik, fitur lebih banyak dengan harga yang semakin ramah di kantong. Bukan tidak mungkin pengembang yang awalnya hanya pengembang kecil mampu menumbangkan saingan-saingan beratnya. Apalagi untuk pengembang sekelas Samsung dan Apple yang membanderol harga produknya cukup tinggi bahkan ada yang menyebutnya sebagai produk ‘over priced’.

Kita ikuti saja pasar smartwatch ini untuk melihat sampai di mana pasar ini dikuasi Apple dan berhasil direbut oleh Samsung.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY