Firefox-Icon

Jika kamu adalah pengguna web browser Firefox atau yang lebih dikenal dengan Mozilla Firefox, maka informasi yang satu sangat penting untuk tidak kamu lewatkan. Pasalnya baru-baru ini telah ditemukan sebuah celah keamanan (bug) di browser tersebut yang disebut dapat membahayakan pengguna. Dari informasi yang diterima, bug tersebut terdapat pada aplikasi built-in PDF Viewer yang terdapat pada Firefox. Beruntung Mozilla cepat menyadari hal tersebut dan langsung memperbaikinya.

Sebelumnya Mozilla sudah mendapatkan sebuah peringatan tentang hal ini. Cody Crows, sebuah perusahaan peneliti keamanan menyebutkan ada iklan jahat pada sebuah situs Rusia yang mengeksploitasi aplikasi built-in firefox bernama PDF Viewer. Meski terlihat tidak begitu berbahaya, Cody Crows menjelaskan dengan adanya iklan jahat tersebut, maka aplikasi Firefox secara otomatis akan segera mencari file-file bersifat sensitif yang terdapat di dalam software. File-file tersebut kemudian akan akan dikirim atau diunggah ke server yang berada di Ukraina.

Menaggapi hal tersebut, Mozilla langsung bertindak cepat dengan menyediakan update terbaru browser Firefox untuk para penggunanya. Dari informasi yang diberikan oleh ZDNet melalui laman resminya, diketahui kalau saat ini Mozilla telah menambal celah keamanan tersebut melalui Firefox versi terbaru. Maka dari itu para pengguna diminta untuk segera memperbaharui versi Firefox mereka versi 39.0.3.

Karena bug berbahaya ini hanya menyerang pada Firefox yang memiliki built-in PDF Viewer, Mozilla mengatakan kalau pengguna lain yang tidak memiliki built tersebut tidak perlu begitu khawatir. Mereka juga tidak perlu mengupdate versi Firefox mereka ke versi yang paling baru untuk menghindari bug yang satu ini. Namun begitu Mozilla tetap menyarankan agar penggunanya selalu menggunakan Firefox versi terbaru untuk berjaga-jaga dari kemungkinan ancaman lainnya yang siap untuk menyerang.

Jika dilihat dari akibat yang ditimbulkannya, memang ada baiknya jika kita melakukan update ke versi terbaru, meski kita sendiri tidak menggunakan built-in yang dimaksud. Selain akan meningkatkan kenyamanan dalam berselancar di dunia maya, menggunakan software dengan versi terbaru juga dapat membantu kita tetap terjaga dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY