1

Mulai merasa ada yang berbeda dengan wajahmu? Mungkin banyak teman dekat yang mulai berkata kalau wajah kamu sekarang terlihat kusam, pucat dan tidak berseri? Ya, jika teman-temanmu mulai mengatakan itu padamu jangan buru-buru untuk memarahi mereka. Bisa saja itu benar karena memang ada sedikit masalah kesehatan yang sedang terjadi pada wajahmu. Beberapa gangguan kesehatan pada wajah umumnya dikarenakan kekurangan vitamin dan nutrisi, namun ada juga beberapa gangguan lainnya yang disebabkan oleh factor selain vitamin dan nutrisi.

Sebuah laman di Daily Mail baru-baru ini memberikan informasi tentang beberapa gangguan kesehatan yang terjadi pada wajah. Berikut ini adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa memang sedang ada gangguan kesehatan yang terjadi di wajah kita.

Wajah terlihat pucat

Ketika wajah mulai terlihat pucat, bukan hanya disebabkan oleh karena kita kekurangan cairan dalam tubuh atau kurang mengkonsumsi air putih, tapi juga bisa disebabkan karena kita kekurangan nutrisi. Untuk mendapatkan asupan nutrisi yang baik, perbanyaklah untuk makan daging merah atau daging yang masih segar, sayuran, buah yang banyak mengandung zat besi dan vitamin C.

Terdapat bercak kuning di mata, hidung dan mulut

Munculnya bercak kuning pada wajah di area sekitar mata, hidung dan mulut menandakan bahwa kita mengalami kolesterol yang sangat tinggi. Selain karena kolesterol, bercak kuning di area-area tersebut juga menunjukkan kalau kemungkinan besar kita juga mengalami kelainan pada sistem metabolisme lemak dalam darah. Solusinya adalah dengan mengurangi atau menjauhi makanan yang mengandung minyak dan lemak.

Ujung bibir mengalami pecah-pecah

Jika kamu mengalami bibir pecah-pecah, kemungkinan besar kamu sedang kekurangan vitamin B, tepatnya vitamin B2. Gejala pertama timbulnya bibir pecah-pecah ditandai oleh warna kemerahan pada mulut yang diikuti dengan bibir kering yang kemudian terlihat seperti pecah-pecah. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan perbanyak makan ikan, daging yang tidak mengandung banyak lemak dan susu. Untuk menambah asupan vitamin B, sayur bayam dan kacang polong juga bisa menjadi makanan alternative.

Cara sederhana yang sebenarnya bisa dilakukan agar terhindar dari masalah kesehatan pada wajah adalah dengan berolahraga secara rutin, dan memperhatikan pola makan kita sehari-hari. Semoga beberapa hal di atas bisa bermanfaat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY