1

Berbagai kemajuan teknologi yang bsai kita lihat dan rasakan saat ini tidak hanya sebagai penemuan dari hasil penelitian para ilmuwan, lebih dari itu kemajuan teknologi yang sudah semakin canggih ini dihadirkan untuk memudahkan pekerjaan manusia yang kemudian memunculkan istilah “smart user”. Dibalik banyaknya yang mendukung kemajuan teknologi saat ini karena dianggap sangat membantu dan bermanfaat, ternyata banyak pula yang menentang karena mengganggap teknologi membuat banyak orang menjadi malas dan justru membuat bingung penggunanya.

Kecanggihan teknologi saat ini sudah bukan hanya milik gadget seperti smartphone, tablet, komputer mini, atau tv pintar, tapi juga sudah merambah ke berbagai perangkat lain seperti jam tangan pintar, dan alat bantu olahraga. Salah satunya yang sedang hangat dibicarakan saat ini adalah perngkat jam tangan pintar atau gelang pintar yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam menjalani rutinitas oleharaga setiap harinya. Dengan perangkat kecil mungil yang dilongkan sebagai perangkat wearable tersebut pengguna akan disuguhkan berbagai macam kemudahan, terutama soal pencaaian yang telah mereka dapatkan setelah melakukan olahraga atau aktifitas lainnya.

Sayangnya semua kemudahan yang ditawarkan tersebut ternyata menuai pro dan kontra di kalangan para pengamat. Ada yang mendukung dan ada pula yang menentang semua kemudahan yang dibawa oleh kecanggihan teknologi tersebut. Lalu bagaimanakah fungsi dari jam tangan pintar yang menwarkan berbagai macam informasi seputar kesehatan penggunanya menuut pandangan para pengamat?

Tara Nicholle Nelson, wakil presiden My Fitness Pal, salah satu aplikasi kebugaran yang banyak digunakan saat ini mengatakan banyak negara yang memiliki pola hidup sehat, beberapa diantaranya seperti California, Arizona, dan Washington. Informasi tersebut berdasarkan data yang diperoleh melalui aplikasi My Fitness Pal yang telah meneliti sekitar 65 juta pengguna di Amerika Serikat. Itu artinya, banyak pengguna di AS yang sudah menggunakan aplikasi tersebut.

Tanggapan serupa juga dilontarkan oleh seorang konsultan kesehatan dari American College of Sports Medicine bernama Felice Stoler. Ia menyatakan bahwa drinya selalu menyarankan orang-orang untuk menggunakan aplikasi semacam My Fitness Pal, karena menurutnya aplikasi-aplikasi tersebut sangat membantu banyak orang untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka dan lebih memperhatikan pola hidup yang mereka jalani selama ini.

Pendapat berbeda justru diungkapkan oleh seorang pelatih kebugaran dari New York Sports club bernama Jonathan Sepulveda. Menurutnya yang yang tadinya mau berolahraga akhirnya lebih fokus untuk memperhatikan aplikasi yang mereka gunakan sambal menghentikan aktifitasnya. Lima hingga delapan menit kemudian mereka justru semakin asyik dan lupa untuk meneruskan olahraganya karena sudah terlalu fokus dengan aplikasi tersebut.

Itulah beberapa tanggapan dari para pengamat kesehatan soal manfaat dari adanya aplikasi Fitness. Meskipu begitu semua kembali ke diri dan niat awal kita masing-masing.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY