Hingga Agustus 2015 Pengguna Lollipop Baru 18 Persen

Hingga Agustus 2015 Pengguna Lollipop Baru 18 Persen

527
0
SHARE

1

Rata-rata perangkat smartphone saat ini sudah menggunakan sistem operasi terbaru. Bahkan beberapa vendor juga telah menyediakan fasilitas bagi para penggunanya agar bisa menikmati OS tersebut sebelum akhirnya Google merilis Android M yang diperkirakan tidak lama lagi. Namun rupanya usaha tersebut tidak cukup ampuh untuk meningkatkan angka penggunaan Lollipop pada perangkat smartphone. Itu terlihat dari data yang telah dirilis oleh Google beberapa waktu lalu.

Terhitung sejak dirilis secara resmi ke publik pada bulan November 2014, data yang diberikan oleh Google menunjukkan kalau penggunaan sistem operasi Android 5.0 (Lollipop) masih sangat sedikit. Berdasarkan data itu pula pertumbuhan pengguna OS robot cokelat itu dinilai sangat lambat. Sebuah data yang dirilis oleh Canalyst menyebutkan bahwa terhitung 3 bulan setelah diluncurkan, pengguna Android 5.0 hanya mencapai sekitar 0,1 persen. Itu tentu saja pertumbuhan yang sangat lambat mengingat Google telah merilisnya untuk pengguna di seluruh dunia kala itu.

Sebagian orang menganggap pertumbuhan yang dialami oleh Android Lollipop tersebut sebagai suatu yang wajar. Itu karena seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa masih ada beberapa vendor yang belum memberikan akses kepada penggunanya untuk bisa melakukan update firmware perangkat mereka untuk bisa mencicipi mansisnya sistem operasi Lollipop itu. Tapi jika dilihat melalui data terbaru yang dirilis oleh Google, pengguna Android Lollipop semakin bertambah seiring berjalannya waktu.

Dari data yang diberikan oleh Google tentang jumlah persebaran versi Android yang digunakan oleh pengguna smartphone di seluruh dunia, diketahui hingga memasuki bulan Agustus 2015 ini pengguna Android 5.0 sudah mencapai angka 18,1 persen. Angka tersebut dikatakan merupakan peningkatan dari data yang dirilis oleh Google sebelumnya. Kala itu pada bulan Juni 2015 kemarin pengguna Android 5.0 mencatatkan angka sekitar 12,4 persen saja.

Melalui data terbaru itu diketahui pula bahwa saat ini pengguna sistem operasi terbanyak masih dipegang oleh Android 4.4 (KitKat) dengan angka 39,3 persen, disusul kemudian oleh Android 4.1 (Jelly Bean) dengan angka 33,6 persen, Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) dengan angka 4,1 persen serta yang tidak ketinggalan adalah Android 2.3 (Gingerbread) dengan perolehan angka 4,1 persen. Sedangkan di posisi paling bawah ada Android 2.3 (Froyo) dengan perolehan angka pengguna sekitar 0,3 persen.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY