1

Tubuh kita sebgian besar terdiri dari air. Nah, agar keseimbangan tubuh tetap terjaga maka kita memerlukan banyak air. Salah satu cara yang paling dianjurkan adalah meminum air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari. Lalu, bagaimana jadinya jika kita tidak minum air putih yang cukup? Kurang minum air putih akan menyebabkan terjadinya dehidrasi, yaitu kondisi di manah tubuh kita mengalami kekurangan cairan. Dehidrasi sendiri juga memiliki beberapa efek buruk lainnya.

Sebuah informasi kesehatan menjelaskan, tubuh manusia biasanya memiliki sekitar 60 persen karbon dioksida (H20). Jika kita kehilangan 1,5 persen saja dari air yang terdapat dalam tubuh, maka kita dikatakan telah mencapai titik kritis dari yang namanya dehidrasi ringan. Seperti yang sudah dikatakan sebulumnya, dehidrasi memiliki beberapa efek buruk, selain dapat menyebabkan kelelahan dan bau mulut, kekurangan cairan juga dapat menyebabkan beberapa efek buruk lainnya, seperti:

Membuat kita ingin makan yang manis-manis

Dehidrasi yang kita alami terkadang membuat kita lebih tertarik untuk makan-manakan yang bersifat manis. Sekilas ini mungkin sah-sah saja, namun jika terlalu dituruti, maka akibat yang akan kita peroleh adalah bertambahnya berat badan. Bagi mereka yang ingin gemuk mungkin ini masih wajar, tapi sncaman lain seperti diabetes dan obesitas juga sudah siap untuk menyerang.

Mengurangi konsentrasi saat berkendara

Tidak hanya soal makan-makanan yang manis-manis, dehidrasi juga bisa mebuta kita kehilangan konsentrasi karena kurangnya cairan dalam tubuh. Ini tentu saja sangat berbahaya bagi mereka yang sering menggunakan kendaraan. Mengingat ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa dehidrasi bisa meningkatkan resiko kecelakaan di jalan raya. Sebab, ketika sedang dehidrasi kelalaian seseorang ketika mengemudi meningkat hingga dua kali lipat.

Bahayanya lagi, dehidrasi juga dapat menyebabkan keram otot

Ini disebabkan karena ketika dehidrasi, sirkulasi darah menjadi sedikit terganggu, sehingga dapat membuat otot-otot menjadi terasa kaku. Keram otot biasanya terasa sangat menyakitkan, bahkan membuat otot-otot terasa lebih keras dari biasanya ketika disentuh. Terjadinya perubahan natrium dan kalium yang terdapat dalam tubuh juga dikatakan ikut mempengaruhi kondisi ini melalui keringat yang kita keluarkan.

Setelah mengetahui tentang ini masih yakin mau melaikan pentingnya minum air putih yang cukup? Jangan abaikan kesehatan kita, karena ia bisa dijaga dengan sederhana, sesederhana minum air putih secara teratur setiap hari.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY