Hati-Hati! Hacker Juga Ambil Kesempatan Lewat Windows 10

Hati-Hati! Hacker Juga Ambil Kesempatan Lewat Windows 10

741
0
SHARE

3

Cerita soal Windows 10 masih terus berlanjut dan tampak semakin seru. Kita tentu tahu bahwa selain menjadikan Windows 10 mampu berjalan di berbagai perangkat, Microsoft juga memastikan bahwa itu adalah Windows terakhir yang akan mereka kembangkan. Dengan embel-embel gratis upgrade yang diberikan kepada pengguna, tentu saja menjadi daya Tarik yang sangat kuat bagi OS terbaru Microsoft itu, sehingga tidak heran apabila saat ini sudah jutaan orang yang menggunakan Windows tersebut. Namun ternyata juga ada pihak-ihak tak bertanggungjawab yang ikut memanfaatkan kesempatan ini.

Selang beberapa hari setelah dirilis secara resmi pada tanggal 29 Juli 2015, dilaporkan ada sekitar 14 juta pengguna yang sudah mengupgrade Windows mereka ke Windows 10. Microsoft sendiri menyediakan upgrade Windows secara bertahap, karena tidak mungkin bagi mereka untuk menydiakannya bagi seluruh pengguna di dunia secara serentak dalam waktu yang bersamaan. Karena hal itulah masih banyak pengguna lain yang harus bersabar untuk bisa menikmati Windows 10 gratis.

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh banyak orang yang mencari uang lewat dunia maya, tak terkecuali para hacker jahat yang selalu mencari mangsa dengan menanfaatkan kelengahan dari para calon korbannya. Saat ini sudah banyak sekali link dowanload Windows 10 yang tersebar di dunia maya, namun yang harus diwaspadai apabila ada sebuah email yang masuk dan berisi link download Windows 10. Meski terlihat sama seperti email dari Microsoft, bisa jadi itu adalah email palsu yang sengaja dibuat mirip dan sudah disisipi dengan mantra jahat oleh para hacker yang sedang mencoba memanfaatkan momen perilisan Windows 10.

Sebuah layanan keamanan bernama Cisco Talos Security Intelligence and Research Group menemukan sebuah email berisi link download Windows 10 yang sangat mirip dengan email milik Microsoft, bahkan pengirimnya juga terbaca sebagai Microsoft, sehingga susah untuk mebedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Namun jika menemukan email semacam itu, sebaiknya diabaikan saja. Sebab jika pengguna sampai tergoda dan mengklik link tersebut, maka pengguna akan masuk ke dalam perangkap yang disebut CTB-Locker.

Jika sudah terkena program jahat tersebut, maka semua data pengguna yang terdapat dokomputer akan terkunci secara otomatis, dan untuk bisa membukanya kembali, pengguna harus mebayar dengan meberikan sejumlah uang kepada sang hacker. Jika tidak, maka ucapkan selamat tinggal pada data-data tersebut karena mereka tidak akan pernah bisa dibuka dan hilang untuk selamanya. Maka dari itu bersabarlah untuk bisa menunggu kehadiran Windows 10 yang asli.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY