1

Perkembangan teknologi smartphone yang semakin pesat saat ini ternyata tidak hanya diarasakan oleh para vendor dan perusahaan distributor saja. Orang lain yang berada dibalik layar perkembangan teknologi smartphone smartphone seperti para pengembang aplikasi dan game ternyata juga kebagian serunya berbisnis di dunia gadget canggih ini. Meski kebanyakan aplikasi pada umumnya berlabel gratis, tapi tetap saja para pengembangnya bisa mendapat keuntungan dari game dan aplikasi yang mereka buat, caranya?

Kebanyakan smartphone saat ini didominasi oleh sistem operasi Android, maka dari itu sudah pasti banyak orang yang lebih familiar dengan OS yang satu ini. Nah, dengan banyaknya peminat Android dan juga smartphone yang menjalankannya, mendorong banyak pengembang aplikasi (developer) yang kemudian mencoba untuk menghadirkan banyak aplikasi dan game bagi semua pengguna perangkat yang menjalankan OS milik Google itu. Tapi sebagain besar aplikasi dan game di Play Store kan gratis? Apa iya bisa dapat uang hanya dari aplikasi dan game gratis? Jawabannya adalah bisa.

Selama ini kita tahu bahwa hampir semua aplikasi dan game gratis di Android disisipi oleh iklan. Namun banyak pengguna dengan cara tertentu mencoba untuk menghilangkan iklan dari aplikasi dan game yang mereka pasang pada perangkat kesayangan mereka. Melihat hal tersebut para developer ternyata juga tidak kalah pintarnya, mereka mengubah model aplikasi dan game yang mereka buat. Bahkan model seperti itu sudah banyak digunakan saat ini dan sangat disukai oleh banyak pengguna.

Sebagai pengguna kamu mungkin akan terkejut setelah tahu kabar yang satu ini, kabar yang mengungkap cara para developer mendapatkan uang melalui aplikasi dan game yang mereka sebar secara gratis di Play Store. Meski bisa diunduh dan digunakan secara gratis, pengguna kebanyakan tidak menyadari bahwa aplikasi dan game yang mereka dapatkan itu memberikan untung yang sangat besar bagi para developer ketika si pengguna sudah menggunakannya.

Melalui game dan aplikasi berlabel “In-App Purchase” (IAP), para developer game bisa mendapatkan keuntungan mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah yang ritin diberikan oleh pengguna tanpa sadar ketika mereka menggunakan aplikasi dengan versi “PRO” atau game online semacam “Clash of Clan” yang akrab disebut C.O.C dan yang baru ini mulai ramai digunakan, BIMA-X. ketika membeli Gems di COC atau karakter baru di BIMA-X, maka uang yang diberikan oleh pengguna akan langsung masuk ke kantong para developer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY