5

Sistem Android merupakan salah satu sistme operasi yang berbasis terbuka, siapa saja boleh mengembangkannya. Karena identic dengan kata gratis, maka tak jarang beberapa pengembang menggunakan iklan sebagai saran untuk mendapatkan keuntungan. Iklan-iklan tersebut disebar ke beberapa tempat tertentu termasuk ke dalam sebuah aplikasi. Sebuah informasi menyebutkan hampir sekitar 15 persen aplikasi yang terinstal pada sebuah smartphone secara diam-diam ternyata memiliki layanan iklan yang tak bisa dilihat oleh penggunanya.

Parahnya, iklan-iklan tak terlihat tersebut ternyata cukup haus kuota bahkan bisa dikatakan sebagai perampok kuota pengguna. Bagaimana tidak, iklan yang menyusup lewat aplikasi tersebut dikabarkan mampu menguras kuota penggunanya hingga sebesar 2 GB setiap harinya. Tidak hanya itu, kuota sebesar itu terbuang sia-sia hanya untuk gambar dan video yang tidak pernah terlihat oleh pengguna.

Berdasarkan hasil sebuah studi yang dilakukan oleh perusahaan bernama Forensiq yang bertugas sebagai pendeteksi penipuan, mengatakan beberapa aplikasi smartphone dikabarkan bisa terus-menerus mengaktifkan baterai dan bandwith data di smartphone. Tidak kurang dari 12 juta smartphone dilaporkan berhasil dikuras kuota datanya melalui iklan yang tersembunyi melalui sebuah aplikasi. Sayangnya hasil studi tersebut tidak menyebutkan aplikasi-aplikasi ‘haus’ kuota yang dimaksud.

Lebih lanjut dijelaskan aplikasi rahasia yang membawa iklan haus kuota tersebut akan menampilkan permintaan akses di menu pengaturan perangkat yang membuat smartphone tetap menyala dan aplikasi tersebut juga mampu memodifikasi serta menghapus memori dan mengakses lokasi pengguna.

Untuk mencegah terjadinya hal semacam ini, para peneliti menyarankan agar pengguna melakukan beberapa langkah yang relative sederhana. Pengguna dapat melakukan pemiliha terhadap aplikasi yang terlihat mencurigakan dan diarasa berpotensi untuk menguras kuota serta daya baterai pada smartphone. Jika perlu dan memungkinkan, matika akses data untuk beberapa aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan.

Untuk sekedar antisipasi, selalu cek pemakaian kuota dan gunakan aplikasi-aplikasi yang dianggap penting saja. Selain untuk menghindari enipuan tersebut, cara langkah yang satu ini juga bermanfaat untuk kinerja ponsel ketika digunakan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY