Solusi Panas Pada Snapdragon 810 Akhirnya Ditemukan

Solusi Panas Pada Snapdragon 810 Akhirnya Ditemukan

1153
0
SHARE

1

Beberapa waktu lalu prosesor buatan Qualcomm yang dikenal dengan sebutan Snapdragon 810 mengalami masalah. Prosesor tersebut dikabrkan menyebabkan beberapa smartphone yang menggunakannya menjadi terlalu panas (overheating). Menanggapi masalah tersebut akhirnya pihak Qualcomm mencoba untuk memprnaikinya dan mengeluarkan prosesor Snapdragon versi terbaru yang lebih baik dari sebelumnya. Tapi rupanya masalah tersebut masih bisa diatasi dengan cara yang sangat sederhana dan murah.

Bagi kamu yang sudah terlanjur membeli smartphone yang menggunakan prosesor ‘panas’ ala Qualcomm tersebut, jangan khawatir, karena ternyata seseorang telah menemukan cara sederhana untuk mengatasinya. Bahkan cara tersebut dikabarkan selain mampu meredam suhu panas pada perangkat, juga mampu meningkat kinerja perangkat yang menggunakan prosesor Snapdragon 810. Seorang anggota forum XDA developer dengan ID Schecter 7 beberapa lalu telah membagikan solusi untuk masalah tersebut yang ia dapatkan melalui percobaan yang telah dilakukannya.

Secara sederhana, masalah panas yang terjadi pada chipset Snapdragon 810 adalah karena adanya sedikit masalah yang terdapat pada prosesor tersebut sehingga menyebabkan terjadinya penyumbatan performa akibat panas yang terlalu tinggi pada perangkat. Untuk meredam hawa panas yang dihasilkannya, pengguna memerlukan penyerap panas yang ebih besar.

Dari hasil temuan pengguna di forum XDA tersebut, untuk menyerap panas pada smartphone yang menggunakan Snapdragon 810, pengguna bisa mencoba melapisinya dengan aluminium foil. Aluminium foil mampu menyerap panas pda perangkat dan menyebarkan panas secara merata ke seluruh bagian bagian ponsel, sehingga panas tersebut tidak hanya berada di sekitar prosesor. Cara tersebut seperti yang dilaporkan, berhasil menurunkan sushu panas pada perangkat sekitar 1 hingga 2 derajat celcius, dan meningkatkan performa perangkat sebanyak 5 persen.

Selain Schecter 7, member lain dari forum yang sama juga mengaku telah terinspirasi dengan cara tersebut dan mencoba melakukannya dengan foil tembaga. Hasilnya dikabarkan lebih baik dari hasil yang sudah dilakukan sebelumnya. Tapi sayangnya cara yang satu ini ternyata cukup memiliki efek yang kurang memuaskan. Cara yang satu ini dikabarkan memiliki efek yang kurang baik terhadap kualitas tangkapan sinyal Wi-Fi. Jadi sebelum mencoba, pastikan kita benar-benar memerlukannya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY