1

Sony kelihatannya banyak belajar dari beberapa vendor lain yang mulai mengusung sistem operasi sendiri. Baru-baru ini perusahaan tersebut dikabarkan sedang mengerjakan sebuah proyek baru yang disebut-sebut sebagai sebuah sistem operasi baru hasil pengembangan Sony sendiri. Mereka baru menguji proyek barunya itu pada pengguna perangkat Sony Xperia Z3 yang berada di Swedia. Lewat proyeknya itu Sony juga akan mencoba mencarai tahu apa yang disukai dan tidak disuaki oleh para penggunanya.

Seperti yang sudah banyak diketahui, sejak mengeluarkan perangkat berbasis Android, Sony tidak pernah menggunakan tampilan atau User Interface (UI) bawaan sistem tersebut. Mereka selalu menyematkan UI khusus pada perangkat yang mereka miliki, sama halnya seperti yang dilakukan oleh Samsung melalui TouchWiz UI mereka. Meskipun begitu, rupanya Sony tidak terlalu banyak melakukan perubahan pada tampilan yang dimiliki oleh sistem operasi olahan Google itu, mereka hanya mengubah sebagian tampilan Android bawaan yang dijalankan pada perangkat-perangkat besutannya.

Seolah tidak puas hanya dengan menyematkan UI khusus saja, Sony tampaknya juga ingin melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan beberapa vendor lain yang saat ini sudah mencoba merilis smartphone terbarunya dengan sistem operasi buatan sendiri. Untuk mewujudkan keinginannya itu, saat ini Sony dikabarkan tengah bergelut dengan proyek terbaru mereka bernama “Sony’s Concept for Android”. Sebuah sistem operasi hasil olahan Sony sendiri yang dikembangkan berdasarkan sistem operasi Android 5.0 (Lollipop).

Informasi menyebutkan kalau tidak hanya sekedar membawa tampilan baru saja, proyek tersebut nantinya juga akan digunakan oleh Sony untuk mengetahui apa-apa saja yang disukai oleh para penggunanya, dana pa-apa saja yang tidak mereka sukai. Sony akan menggelar sebuah pengujian untuk mencoba ide mereka tersebut. Pengujian akan dilakukan pada tanggal 27 Juli – 13 September 2015. Namun sayangnya pengujian tersebut baru hanya sebatas untuk pengguna Sony di Swedia saja. Akan ada sekitar 500 orang pengguna yang akan mendapat kesempatan mencicipi sistem operasi ala Sony itu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY