1

Seperti yang kita ketahui, Apple saat ini dikenal sebagai salah satu produsen smartphone yang sangat terkenal akan kecanggihan teknologi yang dimilikinya. Beberapa waktu lalu vendor tersebut memperbaharui sistem operasi mereka, yaitu iOS. Sejumlah perbaikan tentu saja sudah disertakan pada versi terbaru OS kebanggaan mereka itu, termasuk untuk asisten virtual mereka, Siri. Tapi kelihatannya Siri mengalami sedikit masalah. Pasalnya asisten virtual milik Apple itu dikabarkan salah mengartikan perintah yang diberikan oleh penggunanya. Bagaimanakah kesalahan yang dilakukan oleh Siri? Ini dia selengkapnya.

Siri merupakan salah satu asisten virtual yang sudah lebih dulu ad ajika dibandingkan dengan Cortana milik Microsoft atau Google Now milik Google. Karena itu sudah tentu asisten virtual yang satu itu lebih berpengalaman dan lebih baik dalam melayani penggunanya disbanding dua asisten virtual yang disebutkan tadi. Namun begitu, rupanya Siri juga tidak luput dari kesalahan. Layanan tersebut dikabarkan salah menanggapi perintah yang diberikan oleh penggunanya. Akibatnya pengguna menjadi bingung untuk memberikan perintah pada aplikasi itu.

Informasi dari The Verge mengabarkan seorang pengguna iPhone sedang mencoba meminta Siri untuk mengisi daya perangkatanya hingga 100 persen. Pengguna tersebut mengatakannya dalam Bahasa Inggris, “charge my phone 100 percent.” Jika Siri merespon perintah itu dengan benar, maka seharusnya ia akan mengisi daya ponsl tersebut, tapi sayangnya respon yang diberikan oleh Siri justru berbeda, ia justru melakukan panggilan darurat ke nomor 911 dan memberikan waktu 5 detik bagi penggunanya untuk membatalkan panggilan tersebut.

Kejadian tersebut tentu saja membuat heboh banyak pengguna iPhone, Apple sendiri sampai saat ini dikabarkan belum memberikan konfirmasi atas kejadian tersebut. Namun analisa yang dilakukan oleh The Verge mengatakan bisa jadi itu adalah bug yang terdapat pada iOS. Menurut analisa tersebut, ketika pengguna memberikan perintah tadi, Siri hanya merespon pada dua kata, Phone dan 100 percent. Alhasil, ketika pengguna menyebutkan “Phone”, maka Siri bersiap untuk melakukan panggilan. Dan ketika pengguna menyebutkan kata berikutnya, Siri meresponnya sebagai nomor tujuan, yaitu 911.

Meski belum ada konfirmasi secara resmi dari Apple terkait kesalahan tersebut, semoga saja pihak Apple segera menyadari kesalahan tersebut dan langsung memperbaikinya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY