OLYMPUS DIGITAL CAMERA
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Jika Apple punya Siri, dan Android punya Google Now, maka Microsoft juga punya asisten digital pribadi untuk para penggunanya, Cortana. Asisten digital milik Microsoft itu sebenarnya sudah ada sejak mereka mulai mengembangkan Windows 8.1 menuju ke Windows yang ada saat ini, Windows 10. Hanya saja belum banyak orang yang mengetahuinya. Microsoft sendiri menjelang perilisan Windows 10 Final ingin aplikasi unggulannya itu lebih pintar dan bisa lebih menyesuaikan diri dengan penggunanya. Untuk mewujudkan keinginannya itu, Microsoft telah menjalin kerjasama dengan banyak pihak.

Meski sudah berjalan dengan sangat baik Windows 10 Insider Preview, Microsoft ternyata masih ingin mengembangkan Cortana sehingga lebih siap ketika dirilis pada tanggal 29 Juli mendatang. Aplikasi unggulan yang juga sudah sepat bocor untuk pengguna Android itu kini akan semakin disempurnakan oleh Microsoft. Untuk mewujudkan hal tersebut saat ini Microsoft dikabarkan telah merekrut beberapa etnografer, dubber (pengisi suara), dan juga seniman.

Hal tersebut dilakukan oleh Microsoft agar nantinya Cortana bisa memahami banyak budaya yang ada di berbagai negara, sehingga asisten digital pengguna Windows itu bisa menyesuaikan dirinya. Di Jepang misalnya, melalui Windows 10 versi final, Cortana akan memperkenalkan dirinya dengan cara membungkuk. Cortana juga akan menyesuaikan sifat yang dimilikinya sesuai dengan tempat tinggal penggunanya.

Saat ini mungkin memang masih banyak pengguna yang asing dengan asisten buatan Microsoft ini, namun ketika Windows 10 sudah bisa dinikmati secara publik dalam beberapa hari ke depan, tentu saja akan ada banyak sekali orang yang akan mengenalnya dan akan menjadikannya teman dekat. Sebab nantinya pengguna akan bisa berbicara bahkan ngobrol dengan Cortana. Cukup hebat kan?

Nantinya Cortana tidak hanya akan hadir di produk Microsoft saja. Ia juga akan hadir di perangkat Android. Jika tidak ada perubahan lagi, maka dipastikan Widnows 10 yang membawa Cortana akan hadir untuk publik pada tanggal 29 Juli 2015 nanti. Windows 10 akan tersedia secara gratis bagi para pengguna Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY