3

Cortana, adalah sebuah asisten virtual berbentuk aplikasi hasil pengembangan dari teknologi yang dimiliki oleh Microsoft. Awalnya aplikasi tersebut hanya akan tersedia pada layanan Microsoft saja, namun tampaknya mereka sedikit berbaik hati dengan membolehkan aplikasi tersebut berjalan pada sistem operasi Android. Saat ini Cortana untuk Android dikabarkan sedang dalam proses uji coba dan akan segera dirilis dalam waktu dekat, meski begitu ternyata file instalasinya sudah lebih dulu bocor ke publik melalui internet.

Kabar bocornya Cortana untuk Android sudah terdengar sejak beberapa wakt yang lalu, hanya saja banyak orang yang masih meragukannya, apakah itu benar-benar Cortana atau hanya aplikasi jahat yang meniru Cortana. Namun banyak pula yang penasaran dan mencoba mengunduh aplikasi tersebut dan memasangnya di perangkat mereka. Setelah dipasang, ternyata itu benar Cortana. Informasi tersebut pertama kali diungkap oleh Suomi Mobili dari Finlandia.

File Cortana yang beredar tersebut berupa file .apk yang sudah siap untuk diinstal. Jadi pengguna belum bisa menemukannya di market aplikasi semisal Play Store, melainkan harus mendowsnload melalui situs-situs tertentu. Meski masih dalam proses uji coba, ternyata aplikasi Cortana untuk Android tersebut sudah bisa berjalan dengan baik di perangkat Android. Menggunakan Cortana di Android akan membuat pengguna seperti menggunakannya pada perangkat Microsoft. Itu karena kemampuan dan fitur yang dimilikinya sama.

Beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan oleh Cortana untuk Android Unofficial ini antara lain mengatur pengingat, melihat kondisi cuaca, menampilkan hasil pertandingan olahraga, dan bahkan menampilkan cerita humor juga sudah bisa dilakukannya. Dan semua berjalan dengan sangat baik di versi Cortana Android yang sudah tersebar luas tersebut. Jika tidak ada perubahan, maka Cortana untuk Android versi resmi akan segera dirilis pada akhir bulan Juli nanti. Untuk itu bagi kamu yang masih penasaran, tunggu saja versi resminya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY