1

Lewat artikel kali ini, tampaknya ketika lebaran nanti pengguna tidak hanya perlu bermaaf-maafan terhadap sesama, tapi juga perlu bermaafan dengan gadget Android mereka. Kenapa? Secara sadar atau tidak, ternyata gadget berbasis Android sampai saat ini masih memiliki beberapa kesalhan yang tidak bisa dimaafkan. Kesalahan apa sajakah itu? Berikut ini adalah tiga kesalahan yang dimiliki oleh perangkat bersistem Android.

Kesalahan pertama yang dimiliki oleh gadget berbasis Android adalah terlalu banyaknya pilihan yang diberikan. Seperti yang kita ketahui, saat ini sebagian besar gadget yang ada di pasaran menggunakan sistem operasi Android sebagai OS mereka. Untuk membuatnya terlihat berbeda dengan perangkat Android lainnya, para vendor biasanya melakukakan beberapa perubahan pada sistem Android yang dijalankan pada perangkat buatan mereka.

Hal tersebut tak jarang menyebabkan sedikit gangguan yang membuat pengguna merasa kurang nyaman ketika menggunakan gadget mereka. Masalah yang biasa terjadi adalah beberapa aplikasi tidak mau berjalan dengan lancar di satu perangkat, sementara ketika dijalankan pada perangkat lain, aplikasi tersebut bisa digunakan dengan baik. Ini tentu saja membuat pengguna kecewa.

Kesalahan kedua terdapat pada aplikasi. Masih berhubungan dengan kesalahan pertama, banyaknya perangkat Android yang beredar saat ini membuat pegembang aplikasi (developer) mengalami sedikit masalah dengan aplikasi mereka yang berjalan pada gadget-gadget tersebut. Meski memiliki kemapuan dan kompabilitas yang sama, tak jarang pengguna akan mengalami saat di mana aplikasi yang mereka gunakan tiba-tiba tertutup sendiri (force close), lag, bahkan ada yang sampai tidak bisa dibuka sama sekali.

Pengembang aplikasi sendiri biasanya hanya bisa memperbaikinya dari jauh dan menyediakan update aplikasi untuk mengatasi masalah-masalah tersebut atau malah menariknya dari Play Store karena dianggap aplikasi yang belum siap. Tidak cukup sampai di situ, pengguna terkadang juga dibuat gigit jari melihat update OS yang diberikan oleh vendor gadget mereka begitu lama, bahkan terkadang mereka tidak mendapatkannya sama sekali.

Terlepas dari ketiga masalah umum tersebut, pengguna juga memegang peranan penting dalam menentukan pilihan mereka. Sering kali pengguna terlena dengan harga yang murah, tapi melupakan efek yang akan mereka terima. Dan efek tersebut dirasakan ketika mereka sudah memiliki gadget yang mereka mau sepenuhnya. Maka dari itu, pengguna smartphone dituntut untuk smart dalam memiih, membeli, dan menggunakan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY