8

Sudah bukan rahasia lagi jika sebuah ponsel pintar bersistemkan Android dan beberapa OS lainnya terkadang membuat penggunanya jengkel. Pasalnya ponsel pintar tersebut rata-rata akan mengalami hal yang sama, yaitu boros baterai dan jika sudah digunakan dalam rentang waktu yang sangat lama. Ponsel pintar yang digunakan akan terasa lambat atau lemot. Sebenarnya sudah banyak aplikasi yang dikembangkan untuk mengatasi hal tersebut, namun tampaknya belum ada yang benar-benar bisa mengatasinya.

Kedua masalah tersebut adalah masalah klasik yang sampai saat ini masih dicarikan solusinya, termasuk oleh beberapa mahasiswa yang ada di University of Korea. Bersama seorang professor bernama You Jip Won, para mahasiswa tersebut mencoba membuat sebuah penelitian yang bertjuan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada smartphone. Dan hasilnya adalah WALDIO.

WALDIO atau Write Ahead Logging Direct IO adalah sebuah teknologi baru yang ditemukan dari hasil penelitain yang telah dilakukan oleh para mahasiswa di Korea tersebut. Menurut mereka WADIO bisa dijadikan sebagai sebuah mode yang dijalankan pada sebuah smartphone. Teknologi tersebut kemudian akan bekerja dengan cara meminimalisir besaran jumlah data yang disimpan oleh perangkat. Dengan begitu teknologi yang satu ini diklaim mampu memperpanjang umur baterai dan mempercepat kinerja sebuah smartphone hingga 20 kali lebih cepat dari ponsel pintar pada umumnya.

Profesor Won mengatakan kalua inti dari teknologi yang mereka temukan ini adalah merekam data sekecil mungkin. Ia juga berkata kalua dengan menggunakan teknologi ini maka kartu memori berkualitas rendah atau murah juga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama, sehingga pengguna merasa seperti sedang menggunakan kartu memori mahal yang berkualitas tinggi.

Profesor Won bersama timnya juga mengklaim bahwa WALDIO ini gadget yang dimiliki oleh pengguna akan meningkat kecepatannya hingga 20 kali lebih cepat dan baterainya akan lebih hemat sekitar 40 persen dari biasanya. Itu karena teknologi tersebut akan mengatur perangkat agar menyimpan data yang dibuthkan oleh pengguna saja. Sayangnya belum diketahui apakah teknologi canggih ini bisa dipasang pada semua perangkat atau tidak dan belum ada konfirmasi pasti apakah teknologi ini akan dirilis untuk public atau hanya akan dipakai sendiri saja.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY