Selain Membuat Custom ROM, Cyanogen Juga Kembangkan Browser Sendiri

Selain Membuat Custom ROM, Cyanogen Juga Kembangkan Browser Sendiri

1401
0
SHARE

CyanogenMod

Cyanogen atau yang disebut juga dengan nama Cyanogen MOD dikenal sebagai salah satu perusahaan yang selalu meberikan Custom ROM terbaik untuk perangkat smartphone berbasi Android. Sebuah kabar menyebutkan kalau ternyata saat ini Cyanogen tidak hanya mengembangkan sistem operasi berbasis Android saja, tapi mereka juga mulai mengembangkan browser open source versi mereka sendiri.

Jika sebelumnya layanan anti iklan AdBlock dikabarkan mengembangkan browser sendiri, kali ini kabar yang sama juga muncul dari Cyanogen MOD, salah satu perusahaan yang diketahui berfokus pada pengembangan sistem operasi Android. Kabar akan hadirnya sebuah browser hasil besutan Cyanogen juga dibenarkan oleh salah satu timnya, Joey Rozzoli. Browser mobile tersebut mereka beri nama Gello, dibuat dengan basis Chromium serta diklaim memiliki kemampuan yang berbeda dengan browser mobile lainnya.

Karena menggunakan source code dari Chrome yang diketahui adalah milik Google, tim Cyanogen yang mengembangkan Gello membantah kalau mereka mencuri ide Google lewat source code Chrome tersebut. Mengingat source code yang dimiliki oleh Chrome sendiri bersifat open source alias terbuka, jadi siapa saja boleh mengembangkan aplikasi tersebut, tidak terkecuali Cyanogen. Joey juga mengatakan kalau mereka tidak bermusuhan dengan Google karena pembuatan browser yang satu ini, mereka justru menyertakan beberapa aplikasi Google ketika pengguna akan menginstal browser mereka itu.

Seperti yang sudah disebutkan sebelmunya, Gello memiliki beberapa fitur yang diklaim dapat membedakan dirinya dengan browser mobile lainnya. Fitur-fitur canggih yang disematkan oleh Cyanogen ke dalam browser mereka adalah kemampuan setting yang yang menawarkan lebih banyak pilihan yang bisa di kostumisasi oleh pengguna, kemampuan untuk menyimpan halaman web yang bisa dibaca secara offline ketika pengguna menginginkannya, dan Gello juga memungkinkan pengguna untuk menyimpan file hasil unduhan mereka pada lokasi berbeda dengan nama yang bisa di sesuaikan sendiri oleh pengguna.

Tapi sampai saat ini broeser mobile tersebut masih tahap pengembangan, belum ada kabar pasti dari pihak Cyanogen kapan mereka akan merilis browser mobile mereka tersebut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY